Aku menulis apa yang ingin aku tulis, bukan yang ingin kamu baca.

Monday, June 11, 2012

RANGKAIAN DIGITAL


Saya menemukan fakta aneh seputar rangkaian logika. Saya punya aljabar logika seperti ini : ((A.B)'.C')'
Dan ketika saya gambarkan dalam tabel kebenaran hasilnya seperti ini:
A
B
C
(A.B)'
C'
((A.B)'.C')'
1
1
1
0
0
1
1
1
0
0
1
1
1
0
1
1
0
1
1
0
0
1
1
0
0
1
1
1
0
1
0
1
0
1
1
0
0
0
1
1
0
1
0
0
0
1
1
0

Lalu menggunakan hukum-hukum logika aljabar saya menemukan persamaan logika baru yang hanya menggunakan NOR, seperti ini:
((A.B)'.C')' =  ((A'+B').C')'                 àsesuai hukum De Morgan
=  (A'+B')'+C                    àsesuai hukum De Morgan
=  (A.B)+C                        àsesuai hukum De Morgan
=  (A+C).(A+B)                àsesuai hukum Distributif
= (((A+C).(A+B))')'          àsesuai hukum Pembalikan (saya invers-kan dua kali)
= ((A+C)'+(A+B)')'           àsesuai hukum De Morgan
Aljabar logika baru yang saya dapat yaitu ((A+C)'+(A+B)')' saya nyatakan dalam tabel kebenaran, dan hasilnya seperti ini :
A
B
C
(A+C)'
(A+B)'
((A+C)'+(A+B)')'
1
1
1
0
0
1
1
1
0
0
0
1
1
0
1
0
0
1
1
0
0
0
0
1
0
1
1
0
0
1
0
1
0
1
0
0
0
0
1
0
1
0
0
0
0
1
1
0

Lihat keanehannya! Dilihat dari table kebenaran, aljabar logika yang lama dengan yang baru tidak ekuivalen (Lihat perbedaannya pada highlight kuning yang saya beri di table kebenaran). Padahal setelah saya teliti berulang-ulang, aljabar logika baru yang saya dapat dari hukum-hukum logika aljabar (yang saya beri highlight biru) tidak ada kesalahan disana.
Kemudian saya mencoba membuktikan dengan menggunakan aplikasi DSCH2, apakah aljabar logika lama yaitu ((A.B)'.C')' ekuivalen dengan aljabar logika baru yaitu ((A+C)'+(A+B)')'.
Perhatikan hasilnya :
Lihat kan sekarang keanehannya? Lalu yang benar mana? Ada yang bisa menjelaskan kepada saya? Apakah ini suatu pengecualian? Atau mungkin ada kesalahan pada perhitungan saya?
P.S. : Kalau saya pribadi lebih yakin kedua aljabar tersebut ekuivalen karena sudah terbukti dengan DSCH2 dan hukum-hukum logika aljabar, walaupun sesuai table kebenaran itu tidak terbukti sih. Hehe..
Itu saja! Terimakasih. J



P.S. : ASemmmmm!!!! Setelah saya ngetik posting di atas panjang kali lebar. Ampe ngedit-ngedit pake potoshop segala buat nunjukin bukti DSCH2, ampe saya ngabisin waktu berjam-jam, ampe saya gag sarapan, ampe saya nahan pup, ampe saya brewokan. Tiba2 saya nyadar ternyata kesalahan ada pada saya. Pantesan hasilnya kok aneh. Ternyata!! Ya udah dari pada saya ngetik ini sia-sia. Mending saya posting saja!. Oh iya, Tau gag kesalahan saya dimana?

5 comments:

  1. wah... keren banget, dari analisa yang kamu kerjain, keliatan kalo kamu itu orang pinter.. bodo amat analisanya tentang apaan, aku ngga paham sama sekali BLASS.!! hahahahaha...

    ReplyDelete
  2. Waktu penurunan logika itu bukannya ada kesalahan di baris ketiga ya?
    Bukannya (A.B)+C itu ekivalennya (A+C).(B+C)?!
    Untuk selanjutnya silakan dikerjakan sendiri..hehe... :p
    CMIIW

    ReplyDelete
  3. wahhh... benar sekali untuk Anda!!!
    itulah kesalahannya. silahkan ambil hadiahnya di bank terdekat, saudara Nuzul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..kirim dong ke alamatku... :p
      Tetep semangat nulis yaaa!!! :D

      Delete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

My picture

Hi.. I am Fifa.
I want to live my life to the absolute fullest
To open my eyes to be all i can be
To travel roads not taken, to meet faces unknown
To feel the wind, to touch the star
I promise to discover myself
To stand tall with greatness
To chase down and catch every dream
LIFE IS AN ADVENTURE

Google+ Followers

Follow by Email

Total Pageviews

Instagram

Instagram

Follow Me

Copyright © Vhiefa | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com