Aku menulis apa yang ingin aku tulis, bukan yang ingin kamu baca.

Sunday, January 26, 2014

Laporan KOPDAR KK regional Semarang 2014

Sempat teringat ketika dulu tahun 2011 aku (dan beberapa teman Semarang lainnya) pernah menggebu-gebu untuk kopdar regional semarang sampai mention sana-sini tapi akhirnya tidak jadi.

3 tahun berlalu hingga akhirnya aku berhasil ikut kopdar KK yang perdana bagiku tapi sebenarnya yang kedua diadakan. Tak apa, yang penting akhirnya cita-cita lamaku untuk kumpul bersama blogger-blogger lainnya tercapai.

Kopdar kedua ini dilaksanakan di Peleburan UNDIP, Semarang. Untuk ikut kopdar ini aku sampai berangkat sehari sebelumnya dari Kendal dan menginap di kosan temanku (kabarnya aku sedang menjadi tuna wisma di Semarang).

Kopdar yang seharusnya dimulai jam 10 mundur dan akhirnya baru bisa dimulai sekitar jam 12 dikarenakan hujan deras dan beberapa datang telat (termasuk aku). Acara diawali dengan perkenalan. Terdiri dari 5 cewek dan 6 cowok. Kopdar berjalan seru! Kita bermain "Indonesia Pintar", makan snack bareng macam piknik, pembentukan struktur pengurus, cerita-cerita, sampai tukar kado.




Sebagai penutup beberapa kawancut ikut kumpul-kumpul komunitas se-Semarang di KY Kopi untuk memperkenalkan Kancut Keblenger ke komunitas-kumunitas lain. Di KY Kopi ini banyak komunitas-komunitas lain datang dengan nama yang begitu resmi dan serius, dan cuma Kancut Keblengerlah yang terdengar "uhuk". tapi dari situlah banyak orang-orang yang bertanya-tanya karena penasaran.

Sekian Terimakasih!
Read More

Thursday, January 23, 2014

My First Windows Store Application #DevelopWin8Apps #MSP

Yeah! Postingan ini adalah postingan BONUS dari 10 sequel posting  #DevelopWin8Apps #MSP
Cuma mau mengabarkan bahwa akhirnya aplikasi saya sudah publish di Windows Store.
Silahkan download dan langsung instal.
Check di sini ya :
GRATIS!!

Sekarang saya mau bercerita tentang proses publish yang awalnya saya kira mudah namun ternyata TIDAK!! Kalau kamu baca posting episode sebelumnya, kamu pasti tahu bahwa saya tidak jadi mendaftar akun Windows Store karena saya tidak mempunyai kartu kredit. Jadilah saya menumpang akun-nya MSP Indonesia.

Proses verifikasi untuk bisa publish biasanya satu minggu. Maka dari itu saya mengumpulkan aplikasi saya ke MSP pada tanggal 17 Jan mengingat deadline publish adalah tanggal 23 Jan. Ternyata saya lupa mengirimkan form tentang deskripsi aplikasi saya tersebut. Bukan lupa, tapi tidak tahu! Saya kira form aplikasi yang dimaksud adalah form report tentang postingan blog dan video. Akhirnya tanggal 21 Jan setelah MSP menanyakannya, saya langsung saja kirim seadanya dan ngisi seasalnya. Saya khawatir form aplikasi telat maka aplikasi saya juga akan telat publish. DEG!

Tiba-tiba saya dapat email mesra dari Tester tanggal 22 Jan. Saat itu saya langsung teringat teman saya yang bercita-cita menjadi Tester. Saya sedikit 'uhuk' dengan teman saya karena saya kira menjadi Tester itu mudah. Tinggal mencicipi aplikasi yang orang lain buat terus bilang "Mak Nyuuss" macam Pak Bondan. Namun setelah saya lihat isi emailnya.... Tester lebih keren dari Programmer!

Berikut isi email tersebut :

This test evaluates your software for content compliance with Windows Store Certification Requirements. Learn more
Your app doesn't meet requirement 4.1. Learn more
Your app doesn't meet requirement 6.5. Learn more
Commons reasons why apps fail this requirement:
  • The app doesn't support at least one of the certification languages.
  • The app is functional in some of the languages it was submitted in but not all.
  • The info on the app's Description page (such as its description, features, screenshots, and so on) doesn't reflect the amount of localization in the app.
Your app doesn't meet requirement 6.8. Learn more
A common reason why apps fail this requirement is when one or more screenshots appear to be graphically enhanced.
Notes from Testers:
The description of this app did not appear localized correctly to our reviewer. Screenshots provided are not appropriately localized for each language the app is supported in. The app has declared access to network capabilities and no privacy statement was provided in the Description page. The app has declared access to network capabilities and no privacy statement was provided in the Windows Settings Charm. During the review of this app, it did not appear to be fully localized for the languages it supports.
Melihat isi email di atas saya hanya bisa menempelkan kepala di bantal. Apa maksudnya? Banyak istilah-istilah yang saya tidak mengerti. Sudah itu deadline juga besok. Ah! Saya down!
Saya browsing-browsing dan akhirnya saya menemukan solusi pada requirement 4.1 yang intinya karena aplikasi membutuhkan koneksi internet, saya harus menyediakan "privacy policy" yang setidaknya ada di Windows Settings Charm. Apa itu Windows Settings Charm? Awalnya saya kira itu masih saudaraan dengan Prince Charming, ternyata itu adalah menu "Setting" di side bar kanan Windows.
Caranya adalah sebegai berikut :
Tambahkan library berikut ini :
using Windows.UI.ApplicationSettings;
using System;
jika sudah ada ya tidah perlu ditambahkan.
Kemudian tambahkan method yang digunakan untuk memasukan "privacy policy" ke Windows Settings Charm. Buka App.xaml.cs dan tambahkan code berikut :
private void ShowPrivacyPolicy(SettingsPane sender, SettingsPaneCommandsRequestedEventArgs args)
{
    SettingsCommand privacyPolicyCommand = new SettingsCommand("privacyPolicy","Privacy Policy", (uiCommand) => { LaunchPrivacyPolicyUrl(); });
    args.Request.ApplicationCommands.Add(privacyPolicyCommand);
}
Kemudian tambahkan method untuk men-lauch url jika user mengklik privacy policy :
async void LaunchPrivacyPolicyUrl()
{
    Uri privacyPolicyUrl = new Uri("http://www.vhiefa.blogspot.com/p/privacypolicy.html");
    var result = await Windows.System.Launcher.LaunchUriAsync(privacyPolicyUrl);
}

Selesai!!!

Untuk requirement 6.5 dan 6.8 untuk aplikasi saya cukup diberi satu solusi karena masalahnya adalah cuma pada bahasanya. Default bahasa aplikasi saya ternyata english sedangkan semua tulisan di aplikasi saya bukan English (bahasa Indonesia) begitupun tulisan pada screenshots saya. Saya kira jika market saya isi Indonesia, otomatis Tester akan tahu bahwa saya juga memilih bahasa Indonesia. Ternyata market dan default bahasa itu jelas sangat berbeda. Misal, kita bisa menggunakan bahasa Indonesia tapi dengan market Korea, karena bisa jadi orang Indonesia di Korea juga memerlukan aplikasi tersebut.
Dan, cara membuat default bahasa menjadi Bahasa Indonesia cukup mudah kok. Buka appsmanifest kamu dan pada default bahasa yang sebelumnya "en-us", ganti "id-id".
Selesai!!
Akhirnya, tanggal 23 Jan 2014 aplikasi resmi terpampang secara kece dan seksi di Windows Store. dan dengan ini saya umumkan bahwa 5th semester mission was accomplished!! Walaupun agak nyerempet yang awalnya pengen publish di playstore. Hehe. See yaaa!

PS : Jangan ketawa setelah tahu aplikasi apa yang saya upload! Memang sedikit gaje dan sooooo 4l4y! Haha. Yang penting.. yang penting... Ah! lupakan! ini video saya sebaga syarat MSP selection submission! Iya! Saya bukan videographer yang handal!
Read More

Friday, January 17, 2014

Memasang Logo dan Splash Screen #DevelopWin8Apps #MSP

Sekarang kita tiba ditahap yang terakhir dari pembangunan instalay ini. Yaitu pemasangan logo dan FlashScreen. Yeee!! Caranya cukup mudah. Pada Solution Explorer double click saja bagian Package.appmanifest seperti gambar berikut :


Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :


Kamu tinggal masuk-masukin saja gambar mulai dari Logo, Small Logo, dan Spalsh Screen sesuai petunjuk yang di situ. Yang terpenting adalah ukuran harus sesuai. Makanya kamu harus edit-edit dulu via photoshop atau yang lainnya untuk menyeseuaikan.
Cara lainnya adalah kamu buka ke folder C:\Users\afifatul mukaroh\Documents\Visual Studio 2012\Projects\Instalay\Instalay\Assets  kemudian replace gambar-gambar di sana dengan nama yang sama dan ukuran yang sama. Hehe.
Selesai!!!

Akhirnya Instalay tinggal dieksport. kita butuh file berekstensi .appxupload yang nantinya akan diunggah ke Windows Store. Caranya dengan klik Project pada Visual Studio 2012 kemudian pilih Store lalu Create App Packages lalu Klik Yes sekarang tinggal Sign in dan Masukkan username serta passwordnya.

ini logo instalay di dekstop saya
tampilan Instalay 1

tampilan Instalay 2

Read More

Wednesday, January 15, 2014

Gue GALAU!

Wajar ga sih nangis gara-gara internet? Ya.. gue rasanya kayak mau nangis banget. Alesannya sih simpel, gara-gara internet. Gue ga nyangka aja kenapa hati gue bisa sangat-sangat terpukul gara-gara internet. Pedih banget rasanya. Gue ga tau ini cuma terjadi sama gue atau gimana. Tapi internet yang lemot itu kadang emang lebih menyakitkan dari sekedar dihianati pacar. Uhuk.

Kenapa? Kenapa? Kenapa internet begitu lemot di sini? Aku sedih. Mau nangis. Gue ngrasa ga adil aja. Gue ngrasa gue ga bisa ekspresiin, implementasiin, atau praktikin imajinasi dan kreatifitas gue. Gue ga bisa maju dengan internet yang kayak gini.

Gue udah ngecoba sabar selama ini. Tapi ibarat binatang karnivora, dikasih hati malah minta jantung. Bayangin aja, gue udah kayak merkosa laptop guedengan ga ngistirahatin dia berjam-jam cuma buat download kemudian ketika 99% gagal. Ini juga bukan kali pertama, dulu gue gagal ngumpulin tugas gara-gara internet yang lemot, ketinggalan banyak informasi, ketinggalan ngisi KRS, dan banyak lagi.

Ahh!! Gue benci!


Read More

Tuesday, January 14, 2014

Code agar Bisa "Bagi" #DevelopWin8Apps #MSP

Misi belum selesai! 
Dan inilah yang tersulit!
Adalah bagaimana agar ketika button “Bagi” diklik tulisan alay itu bisa dishare ke social media. Sempat terpikir untuk menghilangkan button ini saja, tapi nanti dimana letak instan-nya? 

Saya pun mencoba browsing kemana-mana hingga akhirnya saya menemukan referensi di code.msdn.microsoft.com Ternyata ada satu fitur keren di windows 8 dimana kita bisa share content ke Facebook dan Twitter dengan mudah tanpa menggunakan API-nya. Kamu hanya perlu meng-set isinya. And the People app, which is installed by default, will get that content and publish it to your page. Until now, only links and texts are supported by the People app, there's no support for photos or videos, unfortunately. But you still can do that using other tiers apps. 

Yaitu dengan menggunakan library “Windows.ApplicationModel.DataTransfer”. Jadi pertama kita ketikan dulu    using Windows.ApplicationModel.DataTransfer; di MainPage.xaml.cs 

Untuk men-register page sebagai share source, ketikan code dibawah ini pada prosedur OnNavigatedTo


Untuk Unregister the current page sebagai share source berikut code-nya :



Ketika share di-invoked (by the user or programatically)  event handler yang kita daftarkan akan dipanggil untuk  populate the datapackage with the data to be shared. 

Untuk memanggil scenario specific function to populate the datapackage with the data to be shared ketikan code berikut :

Berikut kita mengaur bagian content yang kita akan share nanti. Ada tiga bagian yaitu title, description, dan link. title inilah inti yang akan kita share, makanya di title saya isi Sentences.Text. Untuk description itu optional, dikosongi pun tidak masalah. Untuk link itu harus diisi. Dari pada bingung akhirnya saya isi alamat blog saya. Sekalian promosi. Hehe.

Belum selesai! Kita buat prosedur yang nanti dipanggil oleh button.


If the user clicks the share button, invoke the share flow programatically. 

Sekarang kita buka MainPage.xaml dan pada button dengan Content="Bagi" tambah code Click=
ShareClick_Event" sehingga seperti di bawah ini :


Selesai!  
Read More

Monday, January 6, 2014

Gue Jetlag Gara-Gara Internet

Kali ini gue lagi flu parah-parahnya. Iya! Sepertinya gue jetlag dengan keadaan di Indonesia. Di sini nunggu download 5 MB aja ditinggal makan sampe 3 bakul baru kelar. 

Well, yang paling bikin gue ga kuat adalah keadaan idung gue yang mampet kayak ada bendungan habis dibangun sama berang-berang. Yang ngebuat gue kepaksa banget selalu mangap-mangap buat bikin ventilasi ke paru-paru gue. Dan di area jidat gue jadi sering pusing gitu. Gue rasa ini karena ga ada udara di sana. Kepala jadi berat dan rasanya kayak mau ditempelin di bantal terus. 

Awkward-nya adalah ketika gue nyoba mau tidur idung gue malah berlinangan ingus. Jadi tisu berceceran di kasur gue. Oh God! Dan gue malah ga tidur-tidur. By the way, di saat yang genting ini, gue mengemban tugas yang sangat berat. Bener-bener berat karena selama ini gue tunda-tunda mulu. Iya! Gue salah! Ternyata prinsip hidup gue yang “tundalah apa yang bisa dilakukan besok” harus gue hapus dari kamus gue. Yah, seenggaknya ada pelajaran yang bisa gue dapet. Walaupun masih ada sesal di hati gue. Hiks

Penyesalan pertama adalah kenapa gue ga manfaatin internet yang melimpah ruah dan gemah ripah loh jinawe waktu gue di Korea sana. Kenapa? KENAPA? Sekarang gue kesusahan sendiri di sini. Sampe flu gini juga gue rasa karena itu. Gue inget dulu minggu pertama di Korea gue hampir banget download windows 8 gratisan dari situs MSDNAA (intinya kerjasama undip n microsoft). Bahkan serial key-nya udah ditongolin duluan. Tapi yang ada di pikiran gue “Ah! Ntar ajalah! Toh di Korea gue masih lama.” Minggu-minggu terakhir di Korea, gue nyoba buka website MSDNAA ternyata udah ditutup. Uh. seharusnya at least I have noted that serial key! #$!H!F$@^!!!!!!!! 

Padahal gue perlu banget itu windows 8 karena sebagai applicant MSP gue ada tugas buat develop aplikasi di windows 8. Yang bikin gue nyesel lagi adalah kemarin gue habis beli Patrick baru. Uhuk. Tapi gue malah minta OS-nya windows 7. Padahal udah ditawarin petugasnya windows 8. Gue lupaaa!!! 

Dan gue juga musti download visual studio sebagai tools buat develop aplikasi ini yang ukurannya sekitar 1,5 GB. You know what? It has been 3 days I tried download it and only stopped when I slept, tapi cuma baru kelar 50% aja.. ya Allaaah. Kecepatan rata-rata aja 5 kb/s. Gue udah ga sanggup! Sekarang gue cuma bisa meruntuk kenapa gue ga download pas di Korea aja? Kenapa? Kenapa? Deadline juga udah mepet banget. 4 hari lagi gue udah harus laporan tentang ini. Ya Allaaaaaaah. 

Salah gue! Salah gue! Salah gue! Tisu mana tisu?! Ini juga malah meler kemana-mana.
Read More

Sunday, January 5, 2014

Algoritma Alay #DevelopWin8Apps #MSP

Akhirnya mulailah kita untuk coding-mencoding. Siapkan kopi dan rokok dulu! Hahaha. Karena begitulah tugas programmer, mentransformasi rokok dan kopi menjadi suatu code. Baik, abaikan ini!
Sekarang yang harus saya pikirkan adalah bagaimana membuat tombol “Ubah” ini ketika di-klik maka kalimat dalam TextBox berubah menjadi kalimat dengan huruf-huruf alay. Awalnya saya kira ini akan mudah, karena dua tahun yang lalu saya pernah membuat algoritmanya saat mata kuliah “algoritma pemrograman”. Namun ternyata, mengubah algoritma ke bahasa pemrograman itu tak selalu mudah, apalagi ke bahasa C#, bahasa yang (jujur) baru ini saya menjamahnya. Saya masih bingung bagaimana array di C#, bagaimana conditional di C# dan ditambah lagi saya harus menggunakan pemrograman berorientasi objek yang mana pada kuliah tersebut saya sering ketiduran. Oh ya, otak saya juga baru cuti selama satu semester ini dari hal-hal yang berbau pemrograman. Jadilah saya harus membuka-buka kembali buku saya, browsing sana-sini, dan akhirnya malah membuat program “Hello World” dengan C#. Haha.  Sedang brain storming ceritanya. Lalu, kenapa saya memilih C#, padahal di Visual Studio masih banyak pilihan bahasa lain? Alasannya akan saya singgung di post berikutnya. Hehe.
Baiklah, sebelum curhat saya melebar kemana-mana, saja jelaskan saja bagaimana saya mengatasi ini. Sekarang buka Visual Studio-mu! Kita tidak menggunakan Blend lagi karena kita akan berkutat dengan koding.
Pada Solution Explorer di bagian kanan, klik MainPage.xaml kemudian buka MainPage.xaml.cs dengan di- double click. Pada MainPage.xaml.cs itu ketikan prosedur berikut :
 
 Penjelasan :
Pertama kita ubah dulu kalimat yang diinputkan dalam Textbox yaitu Sentences.text yang awalnya bertipe string saja menjadi array string.  Caranya kita simpan dulu ke variabel beforeAlay, kemudian kalimat di beforeAlay tersebut dipecah menjadi karakter-karakter bertipe array char. Makanya terdapat code char[] tmp = beforeAlay.ToCharArray();
Karakter-karakter itu ditaruh di object “letter” sekalian dikasih nomor array, caranya dengan looping dari 0 sampai tmp.Length (sebanyak jumlah karakter di kalimat beforeAlay).
beforeAlay = beforeAlay.ToLower(); gunanya adalah mengubah kalimat di beforeAlay itu menjadi huruf kecil semua. Sebenarnya tak masalah kalau tidak diubah ke huruf kecil, ini hanya memudahkan saat conditional nanti. Lihatlah conditional berikut :
if (letter[i] == "a") letter[i] = "4";
                else if (letter[i] == "e") letter[i] = "3";
                else if (letter[i] == "g") letter[i] = "9";
                else if (letter[i] == "i") letter[i] = "1";
                else if (letter[i] == "o") letter[i] = "0";
                else if (letter[i] == "s") letter[i] = "5";
Nah, sekarang mengerti kan kenapa diubah?
Satu per satu pun karakter array “letter” tersebut diubah ke karakter alay dan disatukan kembali di string afterAlay. Kemudian afterAlay tersebut ditampilkan di Sentences.Text
Belum selesai!!!
Sekarang prosedur ChangeClick_Event pun harus kita panggil di button “Ubah”. Caranya buka dulu MainPage.xaml dengan mendoubeclick-nya.
Pada button dengan Content content=”Ubah”, ketikan Click=”ChangeClick_Event” sehingga kira-kira menjadi seperti di bawah ini.
 

Save, dan bisa coba di-run dengan menekan f5. Sekarang tulisan akan berubah alay jika kita klik button “Ubah”. Selamat!

Read More

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

My picture

I want to live my life to the absolute fullest, to open my eyes to be all i can be, to travel roads not taken, to meet faces unknown, to feel the wind, to touch the star
I promise to discover myself, to stand tall with greatness, to chase down and catch every dream
LIFE IS AN ADVENTURE

Popular Posts

Google+ Followers

Follow by Email

Total Pageviews

Instagram

Instagram

Follow Me

Copyright © Vhiefa | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com