Aku menulis apa yang ingin aku tulis, bukan yang ingin kamu baca.

Wednesday, February 4, 2015

Bertahan dengan Lima Ribu Rupiah

Well... satu lagi cerita tentang betapa strong dan independent-nya gue ini. Hahaha.. masih inget cerita tentang gimana gue bertahan dengan tiga ratus rupiah? Kali ini gue bakal ceritain tentang gimana gue bertahan dengan lima ribu rupiah. Iya sih. nominalnya lebih gede. Tapi percaya deh.. Cerita kali ini bener-bener bisa bikin lo nangis.. apalagi kalo lo bacanya sambil nonton drama korea, plus di sampingnya ada mbak-mbak warteg yang lagi ngiris bawang. Oke.. Abaikan!

Jadi certanya gini.. gue kan lagi KKN di Pati tuh. terus gue mau pulang ke Semarang karena ada acara gitu. Iya! Pake bis dong. It was my first time. Untungnya gue ditemenin temen KKN gue si Desinta yang pernah ngebis Pati-Semarang sebelumnya.

Di dompet gue sih tersisa Rp. 40.000 gitu. Kata Desinta sih cukup. Oke.. Aman! Oh ya.. gue beli pulsa dulu ndink sebelum pulang Rp 7000. Jadi duit gue tinggal Rp 33.000. Catet TIGA PULUH TIGA RIBU!

Selama perjalanan di bis. Tumben banget gue ga perhitungan gitu. mungkin karena beasiswa gue 'ehem' baru cair (dan serasa sok kaya, padahal tetep duitnya di ATM dan nyari ATM di desa KKN gue itu susah banget) atau ada Desinta di samping gue (dan serasa bisa utang).

Jadi.. tiap kenek bis nagih ongkos bisnya, gue kasih duit yang gue bulatin ongkosnya ke atas (uang gue ga pas maksudnya). Padahal gue yang udah biasa naik bis, tau banget kenek-kenek bis itu jarang banget ngasih kembalian ongkos bis.

Misalnya aja tadi, terminal Pati ke terminal terboyo.

Kenek : Mbak, ongkosnya mbak.
Gue     : ke Semarang berapa, Pak?
Kenek : empat belas ribu.
Gue     : (ngasih lembaran duit lima belas ribu)
Kenek : (memilah-milah duit) --> kayaknya sih mau ngambil seribuan buat kembalian gitu.
Gue     : ehm..
Kenek : Nih mbak karcisnya (kemudian pergi dan nagih ongkos ke penumpang lain).

---___--- ya udahlah Fifa.. anggaplah sedekah.

Jadi.. gue udah habis Rp 15.000 (Pati-Terboyo) plus Rp 10.000 (menuju terminal Patinya). Duit gue tinggal... Ah.. tauk ah. Gue lagi ga perhitungan.

Nah.. hampir menuju terminal terboyo itu gue pisahan sama Desinta. Dia turun duluan di Genuk, secara rumah dia deket situ. It's okey.. Gue masih tenang-tenang aja. Sampai pas di terminal terboyo, terus gue mau bayar BRT (Rp. 3500), gue baru sadar duit gue cuma tinggal Rp 4500. Gue rogoh-rogoh tempat recehan di tas gue, dan gue cuma nemu Rp 500. JADI DUIT GUE CUMA SISA LIMA RIBU DOANG!!

Oh God! Gue kan masih butuh Rp 7000 buat naik ojek dari patung  kuda ke kosan gue. Mana Desinta udah ga ada. Gimana ini? Gue panik di dalam BRT. Hujan yang turun mana makin deras pula. Langit juga mulai makin gelap. Apa ini gue lagi di adegan FTV, terus ntar mas-mas ganteng yang nganterin dari patung kuda ke kosan? Plis Fifa!

Gue minta jemput temen gue aja! Semoga dalam keadaan ujan gini mereka mau jemput. Eh Wait!! Gue baru inget, gue ga punya kontak temen-temen gue gegara gue ganti HP. Yups! Si Bambang kan lagi sakit.

Gue sms-in aja temen-temen yang habis sms-an sama gue, jadi nomornya ada di HP gue. Tapi...Ga ada yang bales. Iya sih! orang mereka ga akrab ini. Kan gue sms-annya sama partner bisnis doang. Arggghhttt!!!

Terus temen-temen deket gue cuma aktif di BBM dan gue baru inget kan gue udah uninstal BBM di HP gue. oh damn!

Gimana ini? Duit gue kurang Rp 2000 lagi. Gue makin panik. Gue pun nglihatin hujan ke jendela luar BRT. Iya! biar makin kayak di FTV.

Pikiran gue melayang ke sepanjang perjalanan dari Pati ke Semarang tadi. Yah.. gue jadi inget, tadi itu para pengamen datang silih berganti. Kebetulan pagi tadi gue habis baca tulisan tentang kehidupan pengamen yang lapaknya diambil mahasiswa pengamen. Gue jadi iba gitu lihat pengamen. Jadinya recehan di tas gue, gue keluarin terus-terusan yang kalo ditotal bisa nyampe Rp 2000 juga. Ah Fifaaaa!!!! Jangan diinget-inget! Ntar ga iklaaaassss!!!

Gue pun memalingkan pandangan ke samping gue aja. Ada ibu-ibu gitu. Berbagai imajinasi tiba-tiba muncul di otak gue.

"Bu!! Pilih nyawa atau harta! Serahin dua ribu sekarang juga!" sambil nodong pake pulpen.

Ah... tapi ga lucu kalo gue akhirnya di penjara gara-gara malak dua ribu doang.

"Bu.. boleh pinjem dua ribu. buat sesuap nasi ongkos pulang."

Ah.. tapi ntar malah ibu itu ngangkat gue jadi menantunya lagi.

Ya udahlah.. mending gue lanjut sms-in temen2 gue. berharap mereka bales sebelum BRT ini nyampe di halte Ngesrep.

Sesampainya di halte BRT Ngesrep, temen gue belum juga bales. Argggttt!!!

Apa gue jalan kaki aja ya? toh hujannya udah mendingan.. tinggal gerimis dikit. Tapi tapi... gue baru inget dulu Gue dan Uut pas malem-malem pernah ketemu orang gila di jalan menuju kosan gue. Oh Noooo!!

Akhirnya gue nekat ngajak berunding abang-abang tukang ojek.

Gue  : Bang.. ke Tanjungsari berapa?
Ojek : 8000 mbak.
Gue  : (dalam hati : busyeeet... dah naik aja. Biasanya 7000) Yah.. 5000 aja gimana bang? Duit tinggal 5000 doang nih.
Ojek : 6000 aja deh mbak.
Gue  : Ah.. ya udah. Sms temen aja ah buat jemput. (pura-pura ngetik2 HP)
Ojek : Eh.. Tanjungsarinya mana dulu? ntar yang ujung gitu lagi.
Gue  : Nggak kok. Itu seberang stove sindikat.. lurus. Gang pertama belok kiri. Ntar ada gapura tulisan 'selamat datang Tanjungsari'. Habis itu seratus meter paling dari situ.
Ojek : Ya udah..

Yes.. akhirnyaaa...

Tttt... Ttt... tapi.. ternyata setelah nyampe di gapura tulisan 'selamat datang Tanjungsari' jalanan banjir banget sumpah. Pengen bilang ke tukang ojeknya buat muter pake jalan lain. tapi ntar jadi jauh... Akhirnya gue cuma bilang "Ya udah deh bang. Jalan kaki aja. seratus meter ini. Makasih ya!"

ri Adegan paling drama pun dimulai. Di bawah gerimis kecil rintik-rintik dan gelap. Seorang cewek sendirian menelusuri jalanan gang yang penuh genangan air. Mana celana jeans-nya langsung di masukin ke banjir karena ga bisa digulung ke atas. Terus semakin ke tengah juga semakin dalem banjirnya. Fix! Sampai dengkul. Dingin!! hiks..

Sampai di kosan gue baru kepikiran.. kenapa gue nggak minta ojeknya nganterin ke ATM dulu terus nganterin ke kosan, baru dibayar, Atau gue minta anterin sampai kosan terus gue pinjem duit temen kos buat bayar ke tukang ojek. Ah!! Fifa!!! Lo emang perlu minum aqua.

0 Komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

My picture

Hi.. I am Fifa.
I want to live my life to the absolute fullest
To open my eyes to be all i can be
To travel roads not taken, to meet faces unknown
To feel the wind, to touch the star
I promise to discover myself
To stand tall with greatness
To chase down and catch every dream
LIFE IS AN ADVENTURE

Google+ Followers

Follow by Email

Total Pageviews

Instagram

Instagram

Follow Me

Copyright © Vhiefa | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com