Aku menulis apa yang ingin aku tulis, bukan yang ingin kamu baca.

Sunday, November 18, 2012

LKMM Dasar 2012 FSM Undip

Gilaaa! judulnya resmi banget ye? tapi sebenernya yang mau gue ceritain di sini bukan seresmi itu kok. gue bukan mau promosiin acara itu atau pun gimana ya? di sini gue cuma mau ngeabadiin pengalaman gue pas ikut LKMM D di kampus gue. semua rasa ada di sini, mulai dari capek, kesel, sebel, tapi seru dan unregreting banget.
Sebelumnya, gue kasih tau dulu ya LKMM D itu apa? jadi LKMM D itu adalah Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa tingkat Dasar. katanya sih itu sebagai dasar kita kalau mau ikut organisasi-organisasi di kampus. gue sih gag tau juga apa gunanya ya? gue coba daftar aja kan ya? gue cuma yakin kalo lolos seleksi peserta berarti gue emang butuh ikut itu, kalo gag berarti gag butuh. gue yakin aja Allah memilihkan yang terbaik buat gue. dan akhirnya gue LOLOS jadi peserta LKMM D. perjuangan gue pun dimulai, dan itu bener-bener-bener-bener amat sangat berat!!!!
kan dibikin satu tim tuh. tim gue terdiri dari gue, anisa, iis, doni, vilian, fahmi, inggrit, dan arifin. semuanya dr jurusan yang berbeda dan kita baru kenal. orangnya seru-seru banget. nama tim kami adalah "neuron". gag usah gue ceritain asal nama Neuron itu soalnya bakal panjang.
Nah, salah satu tugas di LKMM adalah harus melipat gandain duit 50ribu yang di kasih panitia menjadi 500ribu. wow banget kan? di situ tuh masalah mulai muncul. ada yang kepikiran buat nambah angka nol di duit 50 ribunya, ada pula yang malah mau pergi ke dukun. tapi gag pada kelompok gue, jadi kelompok gue lebih milih dagangan di kampus. kreatif kan? (padahal emang panitia yang nyuruh gitu). kita jualan tahu bakso, nasi, arem-arem, goreng-gorengan, gitu-gitulah. pokoknya kita dikasih waktu 10 hari.
untungnya kelompok kami dari jurusan yang beda-beda dan fakultas yang beda-beda juga, jadi kita bisa menyebar jualannya ke kelas masing-masing. tapi masalahnya. di kelas gue ada 10 orang yang ikut LKMM ini juga. belum lagi dari himpunan mahasiswa juga pada jualan. kebayang kan? kelas yang seharusnya jadi tempat belajar malah jadi kayak pasar. dosen ampe heran. tiap mau ngajar, jajanan dimana-mana.
Dan karena itu juga, gue jadi kesusaha buat dapet pembeli yang ada gue malah malakin temen2 gue buat beli. lama-kelamaan gue bosen bener bosen dan bisa dibilang trauma jualan gitu2 lagi di kampus, yang pertama gue gag enak tiap hari maksa temen gue mpe ngotot biar beli, yang kedua gue males banget berangkat jam 6 buat ngambil dagangan di supplyernya, yang ketiga.... yang paling gue sebel nih. kalo dagangan gue gag laku, jadi gue sendiri yang beli. aduuuuuhh.. itu sama aja gue menzalimi diri gue sendiri.
Hampir gue ngundurin diri dari LKMM ini. capek bener sumpah. gue tiap hari berangkat jam 6. kalo malem rapat kelompok. Pokoknya mpe skejul gue berantakan semua.
akhirnya ketika 10 hari berlalu. Neuron pun bisa ngumpulin uang melebihi 500 ribu #yeah!! Akhirnya 3 hari pun kita dicekokin serangkaian acara LKMM yang melelahkan. berangkat jam 6 pagi, pulang jam 6 sore sementara yang lain liburang panjang.


Yah, tanggal 16, 17, 18 LKMM berlangsung di Kampus FSM Undip. awalnya gue ngira ini bakal jadi acara yang ngebosenin, dengerin pemateri ngemeng. habis itu semua berlalu dan udah. eh, ternyata!! sumpah seru banget. pematerinya keren-keren dan pesertanya semuanya antusias. tiap ada yang tanya, hampir semua peserta ngangkat tangan, semuanya pengen bersuara, sampai gue ngangkat tangan berulang kali tapi gag pernah ditunjuk. :(
namun semuanya akhirnya bisa bersuara kok. kita diajarin banyak hal di sana kayak manajemen isu dan opini, manajemen konflik, mpublic speaking, manejemen organisasi, pergerakan mahasiswa, dan banyak deh. dan kita juga mempraktikab beneran di sana. kita di kasih kasus dan disuruh nyelesein. pokoknya seru, pas materi tentang pergerakan, suasaya tuh kayak mau demo aja. seru-seru pokoknya. pesertanya gokil-gokil dan rame. walopun capek, tapi gag nyesel deh ikut ini.
singkat cerita, katanya sih. di LKMM D itu adalah orang2 terpilih, calon aktifis kampus, calon leader. dan diarepin habis acara ini kita bisa berkonstribusi di organisasi dan aplikasiin yang kita dapet. nah, gue masih bingung nih guys. jujur nih ya? gue pengen ikut organisasi2 gitu, tapi gue gag mau akademik gue berantakan juga. kemarin aja pas UTS, gue ampe berantakan banget padahal gue cuma ngurus PKM. gue sedih. kenapa gue gag bisa manajemen waktu. kalo gue lihat2. banyak kok mahasiswa lain yang sibuk tapi bisa menej waktu. sementara gue? coba baca posting gue sebelum ini yang berjudul "evaluasi hari". di situ gue udah nulis kalo gue itu gag bisa fokus pada banyak hal, yang ada semuanya berantakan. gimana dong ya?
Jujur, jaman SMA gue itu apatis banget. paling anti sama organisasi. yang ada belajaaaaaaaaar terus. sekarang gue pengen cob organisasi. pengennya sih ikut AIESEC. tapi kemarin gag lolos. :(
sekarang pengen ikut BEM KM bagian NIC. gimana menurut kalian?? gue bisa gag ya? takutnya berantakan. bisa ah! pasti bisa! gue pasrahin sama Allah aja. Allah tau yang terbaek buat gue. gue berjuang yang terbaik aja. ntar kalo gue lolos masuk BEM KM bagian NIC, berarti emang gue bisa dan itu gag bakal nggangggu akademik gue. kalo gag lolos berarti emang gue gag butuh itu. udah.gitu aja deh ya? ngantuk gue.


PS: ada cerita bagus nih. sekarang gue jadi aisten lab matkul Logika dan Sistem Digital, pelajarnnya tentang rangkaian digiatal gitu. dan tau gag? semester ini matkul yang gue ambil ada 6 yang praktikum. semoga gue bisa melalui semua ini. amiin.
EMAAAKKK!!! Doakan anakmu di sini! Udah lama ini gag pulang kampung. hiks. :(

0 Komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Google+ Followers

Follow Me

Translate

Copyright © Vhiefa | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com