Saturday, September 7, 2019

A WEEK BACKPACKING IN JAPAN


Trip kali ini trip yang paling berkesan dalam hidup gue. Kenapa? karena ini pertama kalinya gue trip ke luar negeri dengan "travel" sebagai tujuan utamanya. Maksud gue, biasanya kalo ke luar negeri gue bakal sayang gitu duitnya kalo cuma buat travel. Biasanya sekalian conference, workshop, kebetulan transit, atau apalah yang biar "sekalian". Hahahaha.

Masalahnya gini. Gue udah suntuk banget yang namanya ngelab tiap hari, harus mikirin paper, dimarah-marahin Prof, dan lain-lain. Duit bayaran dari ngelab dipake untuk membayar kesuntukan gue selama di lab, kenapa nggak? Life should be balance, shouldn't it?

Did I really go to Japan by myself?

Actually I went there with my backpack "Susan". Hahahha. Ok. Serius. Iya. Gue ke sana sendirian. 


Pas gue upload foto di atas ke instagram, langsung banjir komentar. Wkwkkww... Bukan berarti gue antisosial ya... Saat itu pilihan yang gue punya cuman "pergi ke Jepang sendiri" atau "ga pergi ke Jepang sama sekali". 

Sejak gue masuk S2 di Korea. Nyari waktu libur itu susah banget. Dalam 1 semester gue cuma punya waktu libur 1 minggu dan waktunya itu ditentuin oleh Prof. Mau ke Jepang terus nunggu waktu yang pas bareng temen? Gue yakin... itu ga bakal terjadi.

Lagian ini bukan pertama kalinya kok gue pergi sendiri... ke tempat baru... ke tempat yang gue ga tau sama sekali bahasa lokalnya... ga ada kenalan di sana... JUSTRU DI SITU FUN-NYA!!! It's twenty first century!! Come on!! It's still on earth anyway. As long as there is human, you are gonna be ok.

How much money did I spend?

Gue ga habis duit banyak kok buat ke Jepang ini. Let me count for you yaaaa....

Tiket pesawat PP Busan - Osaka : 90k won
Visa : 30k won
Penginapan : 20k won
Transport + makan + jajan +etc : 200k won
internet : 15k won

Jadi total yang gue habisin sekitar 350k won (dibulatkan). Worth it kok.  Sebenernya harga makan di Jepang dan Korea juga sama menurut gue. Jadi misal gue ga ke Jepang pun, gue bakal habis sekian won buat makan di Korea. Jadi... total expense 350k won di atas kalo dikurangi expense buat makan, wah... habis dikit banget gue di Jepang.

Yang mahal di Jepang itu transportasinya sih menurut gue. Karena semakin jauh jaraknya semakin mahal, ga kayak korea yang jauh deket harganya sama. Mana gue sering nyasar di sana, udah gitu tranfer transportasi (bus - subway) bayar lagi. Expense gue buat transport banyak bangetlah. Terus.. terus.... di sana gue baru tau ternyata di Jepang ada semacam "one day tour card" yang bisa dipake buat transport seharian cuma dengan 600 yen. Jadi gue make itu cuma di 2 hari terakhir di Jepang. Kezel!!!!

Gue emang kurang browsing-browsing banget buat trip kali ini. Waktu itu kerjaan di lab lagi kejam-kejamnya. Tempat wisata yang mau gue kunjungin hari itu aja baru gue browsing paginya di Jepang. Hahhahaa. But, that's what make my trip more exciting!!!

Place I Visited

Di Jepang, gue ngunjungin 3 kota yaitu Osaka, Nara, dan Kyoto. Yups, waktu sesingkat itu gue pindah-pindah 3 kota. Makanya gue bawa backpack bukan koper. Lebih praktis. 

Osaka

  • Dontonbori
Otonomiyaki

Glico!

Takoyaki

  • Nipponbashi
Halal Ramen Restaurant

Ramen

Area Perbelanjaan lengkap, mulai dari Anime, gundam, cosplay, dan souvenir2 lainnya

  • Osaka Castle
Castle yang harus dikunjungi kalo ke Osaka. Kayak di pilem-pilem

Kayak di Borobudur. Hahahah

  • Universal Studio
Poto di depannya doang. Can not afford for the ticket :(

Tapi di depannya doang aja areanya udah kayak gini banget.

  • Umeda Sky Building
Osaka kalo dilihat dari atas bagus.

  • Shinsaibashi
Area perbelanjaan yang lengkap banget. Dan mata gue langsung tertuju sama cheesecake yang gigle-gigle itu. Sayangnya antrinya panjang banget dan waktu itu takut ketinggalan pesawat pulang. Ga sempet beli. Hiks.

  • Museum House and Living Osaka
Di lantai bawah, ada osaka jaman dulu, yang bangunan2nya kayak film2 Jepang jaman dulu.

Di sana bisa pinjem kimono juga.

terus poto-poto pake kimono dengan background Osaka jaman dulu

Di lantai atas ada Osaka jaman modern, dalam bentuk miniatur. Haha. Banyak miniatur lainnya. Foto ini cuma sample.

Nara

  • Nara Park

Rusa di sini hidup berdampingan dengan manusia. Dia ga takut sama sekali sama manusia. 
Sangking udah terbiasanya hidup dengan manusia. Rusa-rusa di sini bisa dielus-elus, bisa diajak ngobrol, bisa diajak selfie.

Pengen bawa pulang rusa satu deh buat dipelihara.


Kue mochi

Bikinnya dipalu secara manual



  • Kofuku-ji Temple
Pas jalan ke Nara Park yang nanjak gunung, nemu temple ini. Ada rusanya juga lho.

Kyoto

  • Nijo Castle
Ke sini karena salah naik bis. Terus browsing tempat wisata terdekat, dapet ini. Haha

  • Kiyomi-Dera Temple
Temple di deket lereng pegunungan. Kalo lihat sunset dari sini harusnya bagus banget. Tapi waktu itu hujan deras, mana untuk ke sini nanjak gunung tinggi banget. Sepatu gue basah kuyup.

  • Funaoka Onsen
Tempat pemandian air panas khas Jepang. Ada yang indoor, ada yang outdoor. Yang outdoor di bebatuan gitu. Kabarnya yang outdoor dari air alami yang hangatnya dari magma gunung. IDK. Cewek dan cowok dipisah. Ini termurah dari hasil browsing-an gue sih. 

  • Fushimi Inari-Taisha
Kuil yang masih aktif, banyak orang berdoa di sini gue lihat

Ini kayak gantungan kunci yang ditulisin nama-nama sendiri.

Ini panjang banget. dan rame banget. Buat dapet foto kosong gini susahnya minta ampun.

  • Hanami-Koji (Gion District)

Bangunannya jaman dulu banget. Suka rumah kayu gini.


Kayak klepon sih. ga tau namanya. hehe

  • Yasaka Shrine
Ke kuil ini juga karena nyasar, terus ngikutin kemana keramaian menuju. 

  • Nishiki Market
Ini kayak pasar tradisional gitu. Banyak jajanan pasar enak. Salah satunya squid ini. Enak banget. Itu kepalanya isi telor puyuh lho.

Friends I Met 

Pertama kali gue arrive di Bandara terus masuk kereta menuju Osaka, kesan pertama melihat orang-orang Jepang lebih beragam. Ga kayak orang Korea, kesan pertama melihat orang-orang Korea mereka semua sama, warnanya... gaya berpakaiannya... makeup-nya... rambutnya.. dan lain-lain. Lalu mendengar orang-orang di sekeliling gue bicara bahasa Jepang, rasanya kayak di pilem-pilem. Hahha.

Terus, walopun gue dateng ke Jepang sendirian, bukan berarti gue travel sendirian. Di Jepang juga banyak solo traveler macam gue. Thanks couchsurfing yang udah mempertemukan kita. Apa itu couchsurfing? Mending lu google sendiri. Atau baca tulisan gue duluuu banget pas gue menggelandang di Seoul. Hahhaha.

Melalui couchsurfing juga gue dapet host baik banget yang mau menampung gue di Jepang selama beberapa hari. Itulah sebabnya buat penginapan di Jepang gue cuma habis 20k won. Soalnya sisanya gue nginep di rumah orang. Hehe. Host gue yang di Osaka sampe nemenin gue muter-muter seharian di Osaka. Baik banget kan? Host gue yang di Nara masakin gue masakan negara dia (Vietnam). Enak banget. 

Di Kyoto, gue nginep di Hostel tapi gue sempet muter-muter bareng seorang solo traveler dari Belanda. Terus malam terakhir di Jepang (masih di Kyoto), kita para traveler nongkrong bareng dan ngobrolin banyak hal. Kayak pengalaman tergila kita selama di Jepang, hal-hal aneh yang kita temui/lihat di Jepang, hal gila yang cuma orang Jepang lakukan. dan itu lucu-lucu banget!!! Bayangin aja! 9 foreigners dari berbagai negara, dengan berbagai perspektif, ngobrolin tentang Jepang di negara Jepang!!! Yang pasti hal-hal kayak gitu bisa nge-charge makhluk INFJ macam gue ini. Hahaha.


Gue pesen Miso soup pas dinner bareng anak-anak couchsurfing,


All of them are solo backpacker like me :)

Aha Moment

  • Tidur di Taman Rusa
Kalo lu lihat "Place I visited" in Nara cuma 2 doang, itu karena gue keenakan di Taman Rusa. Anginnya semilir sejuk banget... Suaru burung berkicau alami banget.. Gue tiduran di atas batu gede pake backpack gue sebagai bantal. Di sekeliling gue rusa-rusa juga lagi tiduran. Gue dengerin musik sambil nglihatin langit biru. Itu rasanyaaa.... peaceful banget. Sumpah!! Ada 3 jam kayaknya gue tiduran di sana, sampe gue beranjak karena ada rusa yang ngendus-ngendus gue.
  • Telanjang rame-rame di Onsen
Gue udah sejak lama pengen ke Jimjilbang di Korea, karena itu budaya lokal dan harus gue coba. Tapi ga pernah kesampaian karena pas travel di Korea gue biasanya bareng temen yang gue kenal. Malulah telanjang di depan orang yang di kenal. Hhihii. Akhirnya di Jepang gue beraniin ke Onsen. Ternyata ga semenakutkan yang gue kira. Walopun semuanya telanjang, tapi ga ada yang peduli. Ga ada yang bakal nglihatin lo. Yang ada lo bakal fokus sama berendam di air anget yang relaxing banget. Apalagi pas kena gelembung-gelembung airnya di punggung itu rasanya.... kayak dipijit-pijit. Gue yang sehari sebelumnya bawa-bawa backpack berat dari Nara ke Kyoto, terus kehujanan seharian sampe sepatu basah kuyup langsung fresh lagi.

Saturday, August 31, 2019

HOME VISIT EXPERIENCE WITH KOREAN FAMILY

Semua berawal dari buku pegangan bahasa Korea saat belajar di Daejeon dulu. Di buku tersebut, terdapat bacaan tentang seorang foreigner yang tinggal di Korea, sebut saja namanya "Peter". Peter ikut temannya orang Korea pulang kampung ke rumahnya.

Saat itu bertepatan dengan Chuseok. Peter akhirnya ikut belajar budaya secara langsung dengan keluarga temannya itu. Dia ikut membuat makanan-makanan Chuesok, melihat bulan purnama Chuesok bersama keluarga temannya, salam-salaman sama orang tua di pagi hari, dan lain-lain. Singkatnya, melalui itu Peter jadi tau rasanya hidup seperti layaknya seorang lokal di negara yang bukan kelahirannya.

Sejak itu aku jadi pengen sehari atau dua hari tinggal bersama sebuah keluarga di Korea. Ikut merayakan kebudayaan lokal, festival lokal, atau sekedar hidup sehari-hari bersama keluarga lokal. Aku pikir, salah satu hal yang ga boleh dilewatkan saat tinggal di luar negeri adalah merasakan kehidupan layaknya orang lokal.

Nah, kebetulan banget di Busan ada program yang namanya "Home Visit" dari BFIC (Busan Foundation for International Cooperation). Di program tersebut kita akan merasakan layaknya tinggal bersama sebuah keluarga di Korea. Tapi tidak sampai menginap, namanya juga "Visit" bukan "Stay".

Saat itu aku kebagian keluarganya Soyeon, bersama seorang foreigner dari Ethiopia bernama Tesfay. Aku dan Tesfay bertemu Seoyeon di sebuah subway station. Soyeon bersama Mamanya menjemput kami menggunakan mobil.











Sampai di rumah Soyeon aku merasakan seperti di drama-drama. Rumah mereka besar sekali. Di sana kami memasak makanan-makanan Korea yang ternyata bahan-bahannya sudah disiapkan oleh Mama Seyeon. Kami membuat Kimbab, toppoki, chapcae, dan lain-lain.

Setelah semua makanan siap Papa Soyeon dan adiknya pulang ke rumah. Adik Soyeon mengingatkanku dengan adikku di Indonesia. Mereka  berada di usia yang sama. Dan sama-sama suka main game online.

Kami bercengkerama mengenai banyak hal. Mulai dari budaya, wisata, sampai keluarga kita. Setelah itu kami semua pergi ke cafe dekat pantai. Walaupun saat itu sedang hujan, pemandangannya tetap terlihat bagus dan hangar. Haha. Rasanya seperti punya keluarga sendiri di negara ini. Sangat menyenangkan. Jika ada kesempatan activitas seperti ini lagi, aku mau ikut lagi tentunya!!!

Sunday, January 13, 2019

5 APPS EVERY FOREIGNER IN KOREA SHOULD HAVE

Hello...  are you an alien in Korea? I mean foreigner. -_-.

Don't know korean at all?

Or...

Don't wanna meet humans?

Well. lucky you.. I am going share to you about various apps that you can download and will definitely help  your life in Korea (or help you to avoid hooman. lol).

Let's get started!

1. Kakao Pay




It's in one with your kakaochat, don't need to download separately


It's like paypal but in korean version. It's connected with your kakaochat (which is number 1 chat app in Korea) and also connected with your Korean bank. Very easy to use and mostly Korean also use this. You can transfer money without any certificate. You can split restaurant bill with your friends easily. Pay your electricity. etc.


2. Kakao Taxi


Download here

It's just an app that allow you to order taxi online. But hey, with this app you don't need to bother yourself to speak korean calling the taxi's driver. You just use your finger to tap and tap your current location and your destination in Digital Maps. The taxi's driver will come to you and take you to your place. Don't worry! you will know the taxi's plate number through the app.


3. Yogiyo

Download here
This is one of my favorite app. When you're hungry but too lazy to go outside. Calling the restaurant for delivery sucks! Again, with this app you can just tap and tap. Choose your food, input your address, then done. This app provides almost all restaurant around your current location. So, don't be confused between pizza or burger anymore. You can order more than that.


4. Internet Banking and its Virtual Card App


After making korean bank account, don't forget to make internet banking as well. If it's too complicated for you, ask the bank to register it for you right away after making the account. They will guide you from the installation until verification. Don't forget to ask them to help you about virtual card app installation as well. Trust me, you will need this. In korea almost all the people don't use cash. You need internet banking because it ease you to track your income or expenditure. Plus, if you used to do online shopping, it will help you a lot.

5. Google Maps


No need to download, I am sure your phone already has it. Haha.

Actually not only in Korea, everywhere you go you will need Google Maps. Haha. But, unlike in my country.. In my country, usually Google Maps is not that accurate and doesn't provide complete and update locations or transportation schedule. In korea, Google maps provide details and real time schedule of the public transportation, like bus or subway. Even the price as well. So ya, you should have this. Actually there is Kakao Maps, it's as good as Google Maps, but it's in Korean language. Haha.

Thursday, January 10, 2019

Semester 1

"Don't be so hard to yourself! You may struggle for your future happiness. But remember, yourself at present also needs to be happy!"

Yeay! Akhirnya label "Kampus" terisi lagi dengan suatu post. Setelah terakhir aku isi tentang kelulusanku jaman S1 dulu, 3 tahun yang lalu!!! Oh my God!

Btw kuliah kali ini aku udah bertekad ga akan begitu keras pada diriku sendiri seperti saat S1-ku. Jadi, aku ga seserius dulu buat ujian-ujian di semester ini. 

Dulu, buat jaga-jaga nanti yang keluar di exam apa, aku sampai belajar hampir semua materi yang diajarin dosen. Sekarang mah kalo ada bab yang bikin males aku lewatin aja. Belajar secukupnya aja. Haha.

Semester 1 ini aku cuma ngambil 3 mata kuliah karena emang maksimal cuma bisa ambil 10 sks aja. Di jurusanku cuma ada 1 mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa inggris saat itu, yaitu Bioinformatics. Lainnya dalam bahasa korea. Untungnya 2 mata kuliah yang aku ambil itu walaupun dalam bahasa korea, tapi aku bisa mengikuti dengan lancar.  Soalnya yang satu diampu sama Profesorku sendiri, jadi materi di kelas juga materi yang aku pelajari sehari-hari di lab. Satunya lagi mata kuliah yang aplikatif gitu. Aplikatif? Maksudnya?

Sumpah! Ini mata kuliah favorit banget. Aku suka banget! Jadi kuliahnya itu kerja sama dengan perusahaan LG korea. Kita dibagi tim-tim gitu terus tiap tim dikasih kasus tentang produk-produk LG yang perlu kita kembangin lebih lanjut, dan semua biayanya disupport sama LG tentunya dong. Jadi kita ngerjain proyek gitu, ga ada duduk di kelas dengerin dosen ngajar. Proyek-nya juga simple, kayak implementasi pelajaran yang kita pelajarin jaman S1 dulu. Hahaha. 

Waktu akhir semester pengumuman nilai. Ga nyangka aku dapet A+ semua... Hahaha... Padahal misal aku dapet batas tuntas KGSP (which is B), udah seneng kok. Hahaha. Mungkin bener yang dibilang temenku. Katanya kuliah di Korea itu dapet nilai-nilai courses itu gampang. Rajin masuk kelas, ikut ujian, kumpulin tugas aja bisa dapet B+. Apalagi kerjain tugas atau ujiannya sungguh-sungguh, dapet A+. Hahhaha.

Tapi.. tapi nih yaa,,, kuliah S2 di sini ga sesimpel itu. Iya sih masalah courses gampang. Tapi urusan lab... Omaigaaat!!!! nge-lab itu udah kayak 57 sks. Ini yang ngebuat aku mencari-cari jati diri lagi. Sering banget aku konflik batin gara-gara ini. Iya! Konflik antara Fifa dan Fifa.

Ternyata tekad-yang-aku-tulis-diatas itu susah banget diterapin di kehidupan lab. Kadang sisi Fifa yang satu bilang "Udah, fa! Jangan maksa! Jangan maksa! Ingat! Kamu juga butuh bahagia di masa sekarang!". Fifa yang satunya bilang, "Fah.. Kerjakan yang benar-benar! Nanti Prof kecewa!".

Di Lab itu aku di suruh belajar ini, belajar itu.. Tapi karena culture-nya orang Korea yang pali-pali. Aku belajar seakan dikasih deadline gitu. Pagi belajar ini, sorenya bikin report tentang yang aku pelajari itu. Harus paham! Harus detail! Belum lagi ada tekanan "Bentar lagi Fifa mau dikasih proyek lab tentang itu. Harus belajar bener-bener!", terus tekanan lain lagi, "Tuh si itu ga bisa nyelesain proyek dari Prof akhirnya Prof marah.", dan tekanan-tekanan lainnya. 

Jadi, inget dulu aku pernah nulis tentang From the Scientist to the Counselor terus sepakat bahwa Fifa yang sekarang (the councelor - INFJ) punya tujuan hidup "bahagia". Terus berpikir, berpikir, bertanya, curiga, Apa jangan-jangan lanjut S2 itu bukan passion-ku? Apa aku harusnya jadi gitaris aja ya? Apa aku harusnya berkebun aja? atau jadi detektif? jadi dokter? atau jadi power ranger aja.

Tapi, dulu aku berjuang habis-habisan untuk bisa di posisi ini. Lalu perlahan aku jadi Fifa yang dulu lagi (The Scientist - INTJ). Aku paksain betah di lab, di depan komputer, belajar dari pagi sampai malam. 

Tapi tiba-tiba Fifa yang lain muncul dan bertanya "Apakah kamu menikmati ini?"

Fifa satunya lagi bilang, "Kan tujuan orang S2 emang untuk belajar, Fa!"

Fifa satunya lagi bilang, "Tapi kan tujuan kamu hidup untuk bahagia."

Rasanya seperti ada yang beradu di dalam diri sendiri.

Bertanya lagi...

Jika Fifa tidak menikmati ini, lalu apa yang sebenarnya Fifa inginkan? Kenapa Fifa di sini?

Rasanya seperti kembali ke masa baru masuk pubertas dan mencari jati diri lagi. Apakah aku sebenarnya the scientist? Apakah aku sebenarnya the counselor? Atau aku adalah dua orang yang berbeda?

Sampai sekarang aku masih mencoba beradaptasi dengan kehidupan lab. Wish me luck ya! See you at Semester 2!

Update 9 Okt 2020 :

Ya ampuun.. lupa ga nulis tentang semester 2 atau semester 3, dan sekarang aku udah semester 4. Haha. Aku cerita secara singkat aja yaa... semester 1 emang berat banget. Tapi semester 2 mulai terbiasa dan agak betah. Semester 3 juga makin terbiasa. Walaupun sebenernya sama beratnya kayak semester 1 atau mungkin lebih. Tapi Fifa-nya lebih kuat. Sempet nangis-nangis sih. Tapi lalui aja. That's a part of process. Haha. Oh ya, Fifa sempet cuti kuliah juga karena terlalu parno sama Corona -_- Singkat cerita sekarang Fifa udah betah bangetlah semester 4. Soalnya baru aja publish SCIE paper. Yeaay!!! Jadi serasa udah ngrasa kayak berkontribusi gitu. Hehe. Kalau ditanya mau lanjut S3? Jawabannya NO. Hahahha.. Fifa mau nyoba hal lain. Kayaknya udah capek di dunia akademisi. Hahahha... See youuu!