HOME VISIT EXPERIENCE WITH KOREAN FAMILY

Semua berawal dari buku pegangan bahasa Korea saat belajar di Daejeon dulu. Di buku tersebut, terdapat bacaan tentang seorang foreigner yang tinggal di Korea, sebut saja namanya "Peter". Peter ikut temannya orang Korea pulang kampung ke rumahnya.

Saat itu bertepatan dengan Chuseok. Peter akhirnya ikut belajar budaya secara langsung dengan keluarga temannya itu. Dia ikut membuat makanan-makanan Chuesok, melihat bulan purnama Chuesok bersama keluarga temannya, salam-salaman sama orang tua di pagi hari, dan lain-lain. Singkatnya, melalui itu Peter jadi tau rasanya hidup seperti layaknya seorang lokal di negara yang bukan kelahirannya.

Sejak itu aku jadi pengen sehari atau dua hari tinggal bersama sebuah keluarga di Korea. Ikut merayakan kebudayaan lokal, festival lokal, atau sekedar hidup sehari-hari bersama keluarga lokal. Aku pikir, salah satu hal yang ga boleh dilewatkan saat tinggal di luar negeri adalah merasakan kehidupan layaknya orang lokal.

Nah, kebetulan banget di Busan ada program yang namanya "Home Visit" dari BFIC (Busan Foundation for International Cooperation). Di program tersebut kita akan merasakan layaknya tinggal bersama sebuah keluarga di Korea. Tapi tidak sampai menginap, namanya juga "Visit" bukan "Stay".

Saat itu aku kebagian keluarganya Soyeon, bersama seorang foreigner dari Ethiopia bernama Tesfay. Aku dan Tesfay bertemu Seoyeon di sebuah subway station. Soyeon bersama Mamanya menjemput kami menggunakan mobil.











Sampai di rumah Soyeon aku merasakan seperti di drama-drama. Rumah mereka besar sekali. Di sana kami memasak makanan-makanan Korea yang ternyata bahan-bahannya sudah disiapkan oleh Mama Seyeon. Kami membuat Kimbab, toppoki, chapcae, dan lain-lain.

Setelah semua makanan siap Papa Soyeon dan adiknya pulang ke rumah. Adik Soyeon mengingatkanku dengan adikku di Indonesia. Mereka  berada di usia yang sama. Dan sama-sama suka main game online.

Kami bercengkerama mengenai banyak hal. Mulai dari budaya, wisata, sampai keluarga kita. Setelah itu kami semua pergi ke cafe dekat pantai. Walaupun saat itu sedang hujan, pemandangannya tetap terlihat bagus dan hangar. Haha. Rasanya seperti punya keluarga sendiri di negara ini. Sangat menyenangkan. Jika ada kesempatan activitas seperti ini lagi, aku mau ikut lagi tentunya!!!

1 comment:

  1. One of my wishlist if I have a chance ti visit Korea. Insya Allah, Aamin ��
    Semoga hari2 Vhiefa di Korea selalu menyenangkan. Aamin

    ReplyDelete

Powered by Blogger.