A WEEK BACKPACKING IN JAPAN


Trip kali ini trip yang paling berkesan dalam hidup gue. Kenapa? karena ini pertama kalinya gue trip ke luar negeri dengan "travel" sebagai tujuan utamanya. Maksud gue, biasanya kalo ke luar negeri gue bakal sayang gitu duitnya kalo cuma buat travel. Biasanya sekalian conference, workshop, kebetulan transit, atau apalah yang biar "sekalian". Hahahaha.

Masalahnya gini. Gue udah suntuk banget yang namanya ngelab tiap hari, harus mikirin paper, dimarah-marahin Prof, dan lain-lain. Duit bayaran dari ngelab dipake untuk membayar kesuntukan gue selama di lab, kenapa nggak? Life should be balance, shouldn't it?

Did I really go to Japan by myself?

Actually I went there with my backpack "Susan". Hahahha. Ok. Serius. Iya. Gue ke sana sendirian. 


Pas gue upload foto di atas ke instagram, langsung banjir komentar. Wkwkkww... Bukan berarti gue antisosial ya... Saat itu pilihan yang gue punya cuman "pergi ke Jepang sendiri" atau "ga pergi ke Jepang sama sekali". 

Sejak gue masuk S2 di Korea. Nyari waktu libur itu susah banget. Dalam 1 semester gue cuma punya waktu libur 1 minggu dan waktunya itu ditentuin oleh Prof. Mau ke Jepang terus nunggu waktu yang pas bareng temen? Gue yakin... itu ga bakal terjadi.

Lagian ini bukan pertama kalinya kok gue pergi sendiri... ke tempat baru... ke tempat yang gue ga tau sama sekali bahasa lokalnya... ga ada kenalan di sana... JUSTRU DI SITU FUN-NYA!!! It's twenty first century!! Come on!! It's still on earth anyway. As long as there is human, you are gonna be ok.

How much money did I spend?

Gue ga habis duit banyak kok buat ke Jepang ini. Let me count for you yaaaa....

Tiket pesawat PP Busan - Osaka : 90k won
Visa : 30k won
Penginapan : 20k won
Transport + makan + jajan +etc : 200k won
internet : 15k won

Jadi total yang gue habisin sekitar 350k won (dibulatkan). Worth it kok.  Sebenernya harga makan di Jepang dan Korea juga sama menurut gue. Jadi misal gue ga ke Jepang pun, gue bakal habis sekian won buat makan di Korea. Jadi... total expense 350k won di atas kalo dikurangi expense buat makan, wah... habis dikit banget gue di Jepang.

Yang mahal di Jepang itu transportasinya sih menurut gue. Karena semakin jauh jaraknya semakin mahal, ga kayak korea yang jauh deket harganya sama. Mana gue sering nyasar di sana, udah gitu tranfer transportasi (bus - subway) bayar lagi. Expense gue buat transport banyak bangetlah. Terus.. terus.... di sana gue baru tau ternyata di Jepang ada semacam "one day tour card" yang bisa dipake buat transport seharian cuma dengan 600 yen. Jadi gue make itu cuma di 2 hari terakhir di Jepang. Kezel!!!!

Gue emang kurang browsing-browsing banget buat trip kali ini. Waktu itu kerjaan di lab lagi kejam-kejamnya. Tempat wisata yang mau gue kunjungin hari itu aja baru gue browsing paginya di Jepang. Hahhahaa. But, that's what make my trip more exciting!!!

Place I Visited

Di Jepang, gue ngunjungin 3 kota yaitu Osaka, Nara, dan Kyoto. Yups, waktu sesingkat itu gue pindah-pindah 3 kota. Makanya gue bawa backpack bukan koper. Lebih praktis. 

Osaka

  • Dontonbori
Otonomiyaki

Glico!

Takoyaki

  • Nipponbashi
Halal Ramen Restaurant

Ramen

Area Perbelanjaan lengkap, mulai dari Anime, gundam, cosplay, dan souvenir2 lainnya

  • Osaka Castle
Castle yang harus dikunjungi kalo ke Osaka. Kayak di pilem-pilem

Kayak di Borobudur. Hahahah

  • Universal Studio
Poto di depannya doang. Can not afford for the ticket :(

Tapi di depannya doang aja areanya udah kayak gini banget.

  • Umeda Sky Building
Osaka kalo dilihat dari atas bagus.

  • Shinsaibashi
Area perbelanjaan yang lengkap banget. Dan mata gue langsung tertuju sama cheesecake yang gigle-gigle itu. Sayangnya antrinya panjang banget dan waktu itu takut ketinggalan pesawat pulang. Ga sempet beli. Hiks.

  • Museum House and Living Osaka
Di lantai bawah, ada osaka jaman dulu, yang bangunan2nya kayak film2 Jepang jaman dulu.

Di sana bisa pinjem kimono juga.

terus poto-poto pake kimono dengan background Osaka jaman dulu

Di lantai atas ada Osaka jaman modern, dalam bentuk miniatur. Haha. Banyak miniatur lainnya. Foto ini cuma sample.

Nara

  • Nara Park

Rusa di sini hidup berdampingan dengan manusia. Dia ga takut sama sekali sama manusia. 
Sangking udah terbiasanya hidup dengan manusia. Rusa-rusa di sini bisa dielus-elus, bisa diajak ngobrol, bisa diajak selfie.

Pengen bawa pulang rusa satu deh buat dipelihara.


Kue mochi

Bikinnya dipalu secara manual



  • Kofuku-ji Temple
Pas jalan ke Nara Park yang nanjak gunung, nemu temple ini. Ada rusanya juga lho.

Kyoto

  • Nijo Castle
Ke sini karena salah naik bis. Terus browsing tempat wisata terdekat, dapet ini. Haha

  • Kiyomi-Dera Temple
Temple di deket lereng pegunungan. Kalo lihat sunset dari sini harusnya bagus banget. Tapi waktu itu hujan deras, mana untuk ke sini nanjak gunung tinggi banget. Sepatu gue basah kuyup.

  • Funaoka Onsen
Tempat pemandian air panas khas Jepang. Ada yang indoor, ada yang outdoor. Yang outdoor di bebatuan gitu. Kabarnya yang outdoor dari air alami yang hangatnya dari magma gunung. IDK. Cewek dan cowok dipisah. Ini termurah dari hasil browsing-an gue sih. 

  • Fushimi Inari-Taisha
Kuil yang masih aktif, banyak orang berdoa di sini gue lihat

Ini kayak gantungan kunci yang ditulisin nama-nama sendiri.

Ini panjang banget. dan rame banget. Buat dapet foto kosong gini susahnya minta ampun.

  • Hanami-Koji (Gion District)

Bangunannya jaman dulu banget. Suka rumah kayu gini.


Kayak klepon sih. ga tau namanya. hehe

  • Yasaka Shrine
Ke kuil ini juga karena nyasar, terus ngikutin kemana keramaian menuju. 

  • Nishiki Market
Ini kayak pasar tradisional gitu. Banyak jajanan pasar enak. Salah satunya squid ini. Enak banget. Itu kepalanya isi telor puyuh lho.

Friends I Met 

Pertama kali gue arrive di Bandara terus masuk kereta menuju Osaka, kesan pertama melihat orang-orang Jepang lebih beragam. Ga kayak orang Korea, kesan pertama melihat orang-orang Korea mereka semua sama, warnanya... gaya berpakaiannya... makeup-nya... rambutnya.. dan lain-lain. Lalu mendengar orang-orang di sekeliling gue bicara bahasa Jepang, rasanya kayak di pilem-pilem. Hahha.

Terus, walopun gue dateng ke Jepang sendirian, bukan berarti gue travel sendirian. Di Jepang juga banyak solo traveler macam gue. Thanks couchsurfing yang udah mempertemukan kita. Apa itu couchsurfing? Mending lu google sendiri. Atau baca tulisan gue duluuu banget pas gue menggelandang di Seoul. Hahhaha.

Melalui couchsurfing juga gue dapet host baik banget yang mau menampung gue di Jepang selama beberapa hari. Itulah sebabnya buat penginapan di Jepang gue cuma habis 20k won. Soalnya sisanya gue nginep di rumah orang. Hehe. Host gue yang di Osaka sampe nemenin gue muter-muter seharian di Osaka. Baik banget kan? Host gue yang di Nara masakin gue masakan negara dia (Vietnam). Enak banget. 

Di Kyoto, gue nginep di Hostel tapi gue sempet muter-muter bareng seorang solo traveler dari Belanda. Terus malam terakhir di Jepang (masih di Kyoto), kita para traveler nongkrong bareng dan ngobrolin banyak hal. Kayak pengalaman tergila kita selama di Jepang, hal-hal aneh yang kita temui/lihat di Jepang, hal gila yang cuma orang Jepang lakukan. dan itu lucu-lucu banget!!! Bayangin aja! 9 foreigners dari berbagai negara, dengan berbagai perspektif, ngobrolin tentang Jepang di negara Jepang!!! Yang pasti hal-hal kayak gitu bisa nge-charge makhluk INFJ macam gue ini. Hahaha.


Gue pesen Miso soup pas dinner bareng anak-anak couchsurfing,


All of them are solo backpacker like me :)

Aha Moment

  • Tidur di Taman Rusa
Kalo lu lihat "Place I visited" in Nara cuma 2 doang, itu karena gue keenakan di Taman Rusa. Anginnya semilir sejuk banget... Suaru burung berkicau alami banget.. Gue tiduran di atas batu gede pake backpack gue sebagai bantal. Di sekeliling gue rusa-rusa juga lagi tiduran. Gue dengerin musik sambil nglihatin langit biru. Itu rasanyaaa.... peaceful banget. Sumpah!! Ada 3 jam kayaknya gue tiduran di sana, sampe gue beranjak karena ada rusa yang ngendus-ngendus gue.
  • Telanjang rame-rame di Onsen
Gue udah sejak lama pengen ke Jimjilbang di Korea, karena itu budaya lokal dan harus gue coba. Tapi ga pernah kesampaian karena pas travel di Korea gue biasanya bareng temen yang gue kenal. Malulah telanjang di depan orang yang di kenal. Hhihii. Akhirnya di Jepang gue beraniin ke Onsen. Ternyata ga semenakutkan yang gue kira. Walopun semuanya telanjang, tapi ga ada yang peduli. Ga ada yang bakal nglihatin lo. Yang ada lo bakal fokus sama berendam di air anget yang relaxing banget. Apalagi pas kena gelembung-gelembung airnya di punggung itu rasanya.... kayak dipijit-pijit. Gue yang sehari sebelumnya bawa-bawa backpack berat dari Nara ke Kyoto, terus kehujanan seharian sampe sepatu basah kuyup langsung fresh lagi.

No comments:

Powered by Blogger.