Alat dan Bahan #DevelopWin8Apps #MSP

Hai hai...
Kali ini saya akan menjelaskan tools yang saya gunakan untuk men-develop aplikasi di Windows 8. Tools tersebut adalah Visual Studio 2012. Saya mendapatkannya gratis dari Dreamspark. Apa? Belum tahu dreamspark? Baiklah saya jelaskan.

Dreamspark adalah salah satu cetusan dari Microsoft, diperuntukan untuk para pelajar dan akademisi, dimana kamu bisa download software-sofware dari Microsoft secara gratis. Jadi, kalau kamu merasa pelajar, langsung saja daftar! Gampang kok caranya.

Ini dia caranya :
1. Buka www.dreamspark.com


2. Klik menu “student”
3. Klik “Create Account”
4. Isi data dan klik “continue to verify”
5. Nanti akan ada empat pilihan sebagai berikut :
Pilihan pertama adalah dengan mendapatkan verifikasi melalui sekolahmu. Kalau kamu belum yakin sekolahmu sudah bergabung dengan dreamspark atau belum, lebih baik kamu jangan memilih ini.

Pilihan kedua adalah dengan memasukan nomor ISIC card kamu. ISIC card adalah semacam kartu pelajar atau kartu mahasiswa yang berlaku international. Untuk mendapatkannya dikenakan biaya sekitar 150 ribu rupiah. Jadi, kalau kamu tidak punya ISIC card dan tidak mau membayar untuk memilikinya (macam saya), jangan pilih ini!

Pilihan ketiga adalah dengan memasukan kode verifikasi. Biasanya kode verifikasi tersebut bisa kalian dapatkan dari MSP atau duta Microsoft lainnya.

Pilihan ketiga adalah pilihan yang saya pilih. Dengan memilih ini berarti kamu telah memilih proses verifikasi secara manual.

6. Isi data seperti negara, nama kampus, dan lain-lain. Untuk Name On Evidence Document saya isi “Student Identity Card” alias KTM. Jadi untuk attachmentpun saya lampirkan scan KTM saya. Sebenernya bisa juga kamu lampirkan Letter of Acceptance atau Letter of Enrollment dari kampus kamu. Untuk comment saya rasa bisa dikosongi, tapi kemarin saya sendiri mengisinya dengan “My identity card is only provided in Indonesian”. Hehe. Sebab saya takut kalau proses verifikasi manual ini dilakukan oleh orang Microsoft pusat sana.

7. Klik Submit dan tinggal menunggu balasan ke email kamu dalam waktu kurang lebih 5 hari kerja. Kalau sudah dibalas dan lolos verifikasi, kamu tinggal sign in dan pilih software kesukaanmu.

Salah satu spesifikasi PC untuk menginstal Visual Studio 2012 adalah menggunakan OS windows 8 ke atas. Karena waktu itu OS PC saya masih windows 7, jadi saya pun harus menginstal ulang ke windows 8. Saya mendapatkan windows 8 lagi-lagi gratis dari Dreamspark karena kebetulan kampus saya “Universitas Diponegoro” bergabung di sini.

Saya mengetikan nama kampus saya di bagian tab “More Software Trough Your School” dan ternyata ada. Jika kampusmu tidak ada, kamu bisa kok mendaftarkan dengan klik “Don’t see your school”. Saya sih belum pernah mencoba karena kampus saya sudah ada. Mungkin kalau kamu jadi perintis kampusmu bergabung dengan dreamspark, bisa jadi kamu malah ditunjuk menjadi duta Microsoft di kampusmu. Bisa jadi lho ya?



Jika kamu sudah menemukan nama kampusmu di situ, tinggal klik saja dan kamu akan dibawa di suatu halaman web baru. Di situ kamu harus sign in lagi, tapi username dan password kamu bukan yang kamu gunakan di dreamspark sebelumnya. Kamu harus minta ke kampus kamu atau pilih saja Request an account kemudian ikuti saja alurnya. Nanti kamu akan dapat email dari kampusmu mengenai tata caranya kok.

Oke, karena windows 8 sudah ada, Visual Studio 2012 juga sudah ada, sekarang saatnya menginstal. Mau tahu cara instalasinya? Tunggu di post berikutnya.

No comments:

Powered by Blogger.