Aku menulis apa yang ingin aku tulis, bukan yang ingin kamu baca.

Saturday, November 30, 2013

Review Film Inception (Gimana sih Endingnya?)

Sebagai penikmat film, kali ini saya bakal ngasih komentar tentang film inception. Soal cerita film-nya yang kayak gimana kamu bisa kok nonton langsung atau browsing aja di google. Banyak juga yang ngereview-in film ini.

sumber : Google

Di review-review yang saya baca kebanyakan sih pada bilang ini film berat dan butuh pemahaman tinggi. Iya sih! saya akui itu makanya saya anjurin lkamu pake subtitle kalo nonton ini.

Kebanyakan juga pada njabarin tentang awal kisahnya dan pada bilang ending-nya ga jelas, saya biar ga mainstream mau njabarin tentang endingnya aja (berdasarkan analisa saya). Jadi, bagi yang ngrasa bingung atau ga mudeng kok tiba-tiba endingnya ada gasing muter-muter ga jelas, inilah yang sebenarnya terjadi! Oh ya, kalo mau bingung soal ceritanya gimana dan mau tanya-tanya ke saya welcome banget kok. gue cuma males aja nulis di sini, bakal panjaaaaang.

Dominik Cobb (Leonardo De Caprio–Pemeran Utama) yang awalnya menolak untuk kembali karena ingin mencari Saito terlebih dahulu, itu sebenarnya dia masih terjebak di sana dan belum benar-benar kembali. Pasti kebanyakan penonton berpikir ketika Cobb membuka matanya (di pesawat) dan melirik ke kanan kirinya semuanya juga sudah terjaga berarti itu telah berakhir, Cobb telah menemukan Saito, dan bangun sesuai rencana. Ga!! Ga gitu!

Jadi, berikut alesan-alesan kenapa saya bilang Cobb belum bangun :

1. Ketika di pesawat pertama kali Cobb membuka mata, dalam mimpinya dia sedang membujuk Saito…

Pause
saat itu Saito sudah menua karena tau kan? dia masuk ke mimpinya yang lebih dalam, dia mati saat di lapisan mimpi ketiga (di salju) dan ketika di mimpi yang lebih dalam waktu pendek pun akan terasa lebih lama. Seperti yang dialami Mal (istri Cobb) sebelumnya, Saito menganggap mimpinya itu nyata.
Play

…untuk kembali ke dunia nyata, kemudian dalam scene tampil bahwa Saito mengambil pistol dan tiba-tiba scene berubah di pesawat, Cobb membuka matanya.

Yang sebenernya terjadi adalah Cobb telah ditembak Saito, Cobb mati, dan Cobb masuk ke mimpinya yang lebih dalam lagi. Semua adegan dia membuka mata di pesawat, turun, di jemput Ayah-nya, bertemu anak-anaknya, itu adalah mimpi Cobb.

Iya! dengan mati bisa bangun tapi dia kan telah meminum penenang dosis tinggi, jadi hanya dengan hentakan sajalah yang bisa membawanya  kembali ke lapisan mimpi atasnya sampai benar-benar bangun ke dunia nyata. Mati hanya akan membawa ke lapisan yang lebih dalam.

Lagian kalo misal dia bangun harusnya bangunnya secara berurutan. Dia bangun di lapisan mimpi ketiga dulu (yang di salju), mimpi kedua (di hotel), mimpi pertama (di dalem mobil yang nyebur ke kali), baru bangun beneran di pesawat.

2. Ketika Cobb telah sampai di rumah bersama ayahnya, kemudian ayahnya memanggil anak-anak Cobb “James! Philipa! lihat siapa yang datang!”. Adegan persis yang terjadi di mimpi-mimpi Cobb sebelumnya jadi itu hanya ada di memori Cobb. ga mungkin kan di dunia nyata hal yang sama terjadi lagi.

3. Bukti ke-tiga adalah bukti yang paling akurat. di ending film. Kamu bisa lihat sendiri apa yang terjadi padi totem-nya Cobb…

Pause

Totem inilah yang membuat mereka bisa membedakan mana dunia nyata mana dunia mimpi. Karena ketika sering bermimpi, mereka tidak akan tahu itu. Seperti yang terjadi pada Mal (istri Cobb), karena telah sering bermain dengan mimpi kemudian di-insepsi oleh Cobb bahwa dunia nyata adalah apapun ketika bersama Cobb, dia menjadi membuang/menyimpan totem-nya dan tak mau menggunakannya lagi. Pokoknya asal sama Cobb, itulah dunia nyata.
Oh ya. Ada yang totem-nya dadu, dengan merasakan berat dadunya dia akan tahu mana dunia nyata. Ada yang totem-nya pion catur, dengan mengetahui bagaimana posisi pion ketika jatuh. Dan untuk cobb, totem-nya adalah Gasing itu. Jika Gasing terus berputar dan tak berhenti berarti itu adalah dunia mimpi!!

Play

…Gasing-nya Cobb terus berputar. berarti dia masih di alam mimpi!!!


Lalu apa yang terjadi pada para pemain-pemainnya? Oke, saya bakal jabarin.

1. Cobb
Jelas dia masih terjebak dalam dunia mimpi. Yang paling gawat adalah ketika dia ngiranya mimpinya itu dunia nyata .  sepertinya itulah yang terjadi, soalnya di ending film, pas dia muter gasingnya, dia belum sempet lihat gasingnya berhenti apa ga tapi malah langsung menemui anaknya.
Oh ya, itu dia telah memasuki Limbo (ruang mimpi yang tak terbentuk), bukan dia yang merancang mimpinya itu, tapi alam bawah sadarnya, jadi bisa saja dia tersesat, terlena, dan menua di sana.
Lalu, apa yang terjadi kalau efek obat penenangnya habis apakah dia akan bangun? Nah! itu juga yang gue bingung. Mungkin otaknya udah rusak, dia bingung mana nyata mana mimpi, atau mungkin gila! Kecuali dia segera ngecek gasingnya lagi.

2. Saito
menurut gue dia juga udah terjebak di Limbo, dia juga udah menua di sana. apalagi dia ga punya totem.

3. Mal
dia sebenarnya udah hidup di akhirat. Terus kenapa dia nongol bolak-balik di mimpi? Itu mind set-nya si Cobb saja. dia masih kebayang-bayang Mal terus dan juga merasa bersalah padanya. jadi alam bawah sadarnya selalu memunculkan Mal meski Cobb udah ngrancang mimpinya tanpa Mal sebelumnya.

 4. Lainnya
Mereka yang sudah di lapisan mimpi satu telah aman dan ketika waktunya bangun, mereka akan bangun seperti biasa. Untuk korban insepsi (calon pewaris perusahaan yang ganteng itu), kayakna udah berhasil di-insepsi, tapi kembali lagi.. Cobb cuma menanamkan ide, ide itu bisa dikembangkan bisa juga menghancurkan!

Secara keseluruhan, saya bilang film ini keren! dan patut ditonton! Kalo menurut saya , selain action film ini juga bisa dibilang science fiction. Karena walopun fiksi kisahnya juga masuk akal dan kayak beneran bisa terjadi. saya sendiri, pernah mimpi berlapis-lapis gitu. saya kira udah bangun ga taunya masih di dalam mimpi. terus waktu mimpi hal-hal aneh, saya ga sadar dan ngiranya beneran. Waktu bangun baru nyadar “Oh iya ya? tadi itu mimpi!”. Terus kadang mimpi saya secara tiba-tiba ganti tempat dengan sendirinya. Terus pernah juga adegan di mimpi saya terulang-ulang pada mimpi-mimpi gue berikutnya. Oh ya, tokoh-tokoh di mimpi saya bisa jadi pas saya mimpi jelas banget mukanya, pas bangun saya lupa semua. Pokoknya semua fakta tadi yang saya alamin sendiri disajiin secara jelas di film ini. Keren! Membuat film ini menjadi masuk akal! saya jadi kepikiran jangan-jangan pas gue mimpi itu emang udah ada orang lain yang ngatur. Hahaha


Otak kita emang keren! Dia masih tetap bisa berpikir dan berimajinasi meski kita lagi tidur. Oh ya, pernah nonton Spongebob yang episode dia masuk ke mimpi Patrick, Sandy, Mr. Crap, Perl, Garry, dan lain-lain? Kayakna inception terinspirasi dari acara kartun ini.

17 comments:

  1. ah ga juga sob, ada yg terlewat itu...... katanya Cobb doi ga pernah lho liat wajah anak2nya, dan terakhir gansingnya hampir jatuh lho..... trus alibi yg lu buat itu hanya karangan lu saja

    ReplyDelete
  2. lihat cincinnya cobb, saat didunia mimpi, dia pakai cincin perkawinannya dengan mal, dan itu hanya didalam mimpi saja dia bersama istrinya, tapi didunia nyata kaga. di ending cerita, cincinnya udah ga kepake. ingat, gasing itu totemnya mal.

    ReplyDelete
  3. nah itu, yg jadi pertanyaan, kenapa cobb langsung balik ke pesawat, sedangkan yang lain lewat level 1, trus gasingnya muter terus.
    cuman mahami alurnya kok bisa kesitu masih bingung

    berarti yang bisa membangunkan mereka cuman orang di luar mimpi y?

    makasih bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurur saya. Dr informasi/pandangan dr blog tetangga. Tingkatan mimpi itu : dr dunia nyata level 3 - level 2 -> level 1 -> mimpi terdalam alias limbo -> dunia nyata. Jd klo mati di limbo bakal langsung balik ke dunia nyata. Klo gak mati bru balik bertahap dr level 1 -> 2 -> 3 -> dunia nyata. Tapi yang menjadi permasalahannya adalah org tidak akan tau mereka ada di limbo atau dunia nyata. Karna si saito udh mati di level 3 jd dia terjerumus ke limbo. Nah kebetulan si cobb juga terjerumus kan ke limbo demi nyelamtin si fisches junior jd dia sekalian gitu nyelametin saito yang udh duluan mati di limbo. Nah di sana si cobb nyadarin klo mereka itu msih dlm mimpi dengan cara memutar gasingnya yg ternyata ga jatuh2. Akhirnya mereka bunuh diri. Bunuh diri di limbo = kembali ke dunia nyata.

      Karna mereka pakai obat dosis tinggi jadi mereka hanya bisa bangun lewat hentakan/waktu yg di tentukan. Meskipun dibagunin oleh org yg diluar mimpi tp kalau dengan cara paksa bisa jd gila gitu.

      Itu sih menurut gue.
      Dan menurut gue sih si cobb udh balik kenapa. Udh jelas dr anak2nua si cobb. Di setiap mimpi cobb sebelumnya fisik sampai pakaian anaknya pun sama semua tp ketika di ending sepatu anak2nya berbeda. Trus knp pakaiannya mirip itu sepertinga trick nolan biar bikin penonton ga bakal lupa sama ni film 😆

      Delete
  4. Iya setuju dri limbo bs balik ke dunia nyata dgn mati. Krn kisah kisah flashbackny mal n cob mereka bunuh diri dgn ditabrak kreta itu di limbo trus bgun2 di dunia nyata. Klo perhatiin emdingnya, totemny emg gak diliatin berenti tp klo diteliti lg tuh totem ud goyah kok ky mau jatoh.

    ReplyDelete
  5. Iya setuju dri limbo bs balik ke dunia nyata dgn mati. Krn kisah kisah flashbackny mal n cob mereka bunuh diri dgn ditabrak kreta itu di limbo trus bgun2 di dunia nyata. Klo perhatiin emdingnya, totemny emg gak diliatin berenti tp klo diteliti lg tuh totem ud goyah kok ky mau jatoh.

    ReplyDelete
  6. Totemnya berhenti kok, dengerin deh di akhir ceritanya, ada suara totem si mal jatuh.

    ReplyDelete
  7. menurut gw sih gasingnya berhenti, coba lu dengerin bagian ahir pas ending gasingnya muter pas layar gelap kedengeran suara puteran gasingnya makin lambat terus kayak berhenti... menurut gw aja sh :)

    ReplyDelete
  8. Aku galaaaaau dia udah kembali kedunia nyataaaa atau gak sih hahahaha , aku sampe puter berkali" gk kedengeran kayak totemnya jatuh .. Cobb tolong jelaskan udah kembali apa belum hahahaja

    ReplyDelete
  9. Ini admin harus tanggung jawab karena telah menyebarkan info hoax.

    ReplyDelete
  10. Yang saya pikir ini pencipta skenario nya sedang berfantasi, gimana kalau hidup ini juga cuma mimpi? Ada yg bilang 1000 tahun di dunia sama dengan 1 hari di akhirat? Manusia sebenernya punya labirin kehidupan masing2, dunia ya tempat ngejalaninnya, gak ada yg tau apa yg akan terjadi setelah kita habis mati, atau selesai dalam labirin kehidupan ini kan? Brilian, haha

    ReplyDelete
  11. Susah memang pastinya, mending tanya ke pak nolan langsung :D
    Tapi mungkin memang sudah kembali ke dunia nyata karena waktu mal bunuh diri (karena percaya dia sedang di limbo) dia juga percaya bahwa bunuh diri itu akan membawanya ke dunia nyata, mungkin ini juga menjelaskan bagian akhir, entahlah.. yang jelas kita sudah termakan cerita fiksi ini, ampun pak nolan, ampuuun

    ReplyDelete
  12. entah kenapa gua berasumsi bahwa mr cobb itu berpikir bahwa iya dimimpi yang padahal dia nggak lagi mimpi ! soalnya pas ayahnya minta dia untuk ke realita dan si cobb menjawab bahwa dia harus menyelesaikan tugas yang bisa bawa dia ke realita bapaknya langsung buang napas(ngeyel nih anak) DAN SETIAP COBB MASUK MIMPI TAGAN KIRINYA TEPATNYA JARI MANIS DIA PAKE CINCIN, TETAPI JIKA DIA NGGAK MASUK MIMPI DIA GA PAKE CINCIN, dan pas di pesawat yang perjalanan 10jam, sebenarnnya mereka semua cuma mau membuktikan bahwa mereka bukanlah di dalam mimpi. dan si fischer ajah pas akhir kaya ngeliatnya tuh kaya ga kenal cuma pernah liat.

    ReplyDelete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

My picture

Hi.. I am Fifa.
I want to live my life to the absolute fullest
To open my eyes to be all i can be
To travel roads not taken, to meet faces unknown
To feel the wind, to touch the star
I promise to discover myself
To stand tall with greatness
To chase down and catch every dream
LIFE IS AN ADVENTURE

Google+ Followers

Follow by Email

Total Pageviews

Instagram

Instagram

Follow Me

Copyright © Vhiefa | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com