My First Windows Store Application #DevelopWin8Apps #MSP

Yeah! Postingan ini adalah postingan BONUS dari 10 sequel posting  #DevelopWin8Apps #MSP
Cuma mau mengabarkan bahwa akhirnya aplikasi saya sudah publish di Windows Store.
Silahkan download dan langsung instal.
Check di sini ya :
GRATIS!!

Sekarang saya mau bercerita tentang proses publish yang awalnya saya kira mudah namun ternyata TIDAK!! Kalau kamu baca posting episode sebelumnya, kamu pasti tahu bahwa saya tidak jadi mendaftar akun Windows Store karena saya tidak mempunyai kartu kredit. Jadilah saya menumpang akun-nya MSP Indonesia.

Proses verifikasi untuk bisa publish biasanya satu minggu. Maka dari itu saya mengumpulkan aplikasi saya ke MSP pada tanggal 17 Jan mengingat deadline publish adalah tanggal 23 Jan. Ternyata saya lupa mengirimkan form tentang deskripsi aplikasi saya tersebut. Bukan lupa, tapi tidak tahu! Saya kira form aplikasi yang dimaksud adalah form report tentang postingan blog dan video. Akhirnya tanggal 21 Jan setelah MSP menanyakannya, saya langsung saja kirim seadanya dan ngisi seasalnya. Saya khawatir form aplikasi telat maka aplikasi saya juga akan telat publish. DEG!

Tiba-tiba saya dapat email mesra dari Tester tanggal 22 Jan. Saat itu saya langsung teringat teman saya yang bercita-cita menjadi Tester. Saya sedikit 'uhuk' dengan teman saya karena saya kira menjadi Tester itu mudah. Tinggal mencicipi aplikasi yang orang lain buat terus bilang "Mak Nyuuss" macam Pak Bondan. Namun setelah saya lihat isi emailnya.... Tester lebih keren dari Programmer!

Berikut isi email tersebut :

This test evaluates your software for content compliance with Windows Store Certification Requirements. Learn more
Your app doesn't meet requirement 4.1. Learn more
Your app doesn't meet requirement 6.5. Learn more
Commons reasons why apps fail this requirement:
  • The app doesn't support at least one of the certification languages.
  • The app is functional in some of the languages it was submitted in but not all.
  • The info on the app's Description page (such as its description, features, screenshots, and so on) doesn't reflect the amount of localization in the app.
Your app doesn't meet requirement 6.8. Learn more
A common reason why apps fail this requirement is when one or more screenshots appear to be graphically enhanced.
Notes from Testers:
The description of this app did not appear localized correctly to our reviewer. Screenshots provided are not appropriately localized for each language the app is supported in. The app has declared access to network capabilities and no privacy statement was provided in the Description page. The app has declared access to network capabilities and no privacy statement was provided in the Windows Settings Charm. During the review of this app, it did not appear to be fully localized for the languages it supports.
Melihat isi email di atas saya hanya bisa menempelkan kepala di bantal. Apa maksudnya? Banyak istilah-istilah yang saya tidak mengerti. Sudah itu deadline juga besok. Ah! Saya down!
Saya browsing-browsing dan akhirnya saya menemukan solusi pada requirement 4.1 yang intinya karena aplikasi membutuhkan koneksi internet, saya harus menyediakan "privacy policy" yang setidaknya ada di Windows Settings Charm. Apa itu Windows Settings Charm? Awalnya saya kira itu masih saudaraan dengan Prince Charming, ternyata itu adalah menu "Setting" di side bar kanan Windows.
Caranya adalah sebegai berikut :
Tambahkan library berikut ini :
using Windows.UI.ApplicationSettings;
using System;
jika sudah ada ya tidah perlu ditambahkan.
Kemudian tambahkan method yang digunakan untuk memasukan "privacy policy" ke Windows Settings Charm. Buka App.xaml.cs dan tambahkan code berikut :
private void ShowPrivacyPolicy(SettingsPane sender, SettingsPaneCommandsRequestedEventArgs args)
{
    SettingsCommand privacyPolicyCommand = new SettingsCommand("privacyPolicy","Privacy Policy", (uiCommand) => { LaunchPrivacyPolicyUrl(); });
    args.Request.ApplicationCommands.Add(privacyPolicyCommand);
}
Kemudian tambahkan method untuk men-lauch url jika user mengklik privacy policy :
async void LaunchPrivacyPolicyUrl()
{
    Uri privacyPolicyUrl = new Uri("http://www.vhiefa.blogspot.com/p/privacypolicy.html");
    var result = await Windows.System.Launcher.LaunchUriAsync(privacyPolicyUrl);
}

Selesai!!!

Untuk requirement 6.5 dan 6.8 untuk aplikasi saya cukup diberi satu solusi karena masalahnya adalah cuma pada bahasanya. Default bahasa aplikasi saya ternyata english sedangkan semua tulisan di aplikasi saya bukan English (bahasa Indonesia) begitupun tulisan pada screenshots saya. Saya kira jika market saya isi Indonesia, otomatis Tester akan tahu bahwa saya juga memilih bahasa Indonesia. Ternyata market dan default bahasa itu jelas sangat berbeda. Misal, kita bisa menggunakan bahasa Indonesia tapi dengan market Korea, karena bisa jadi orang Indonesia di Korea juga memerlukan aplikasi tersebut.
Dan, cara membuat default bahasa menjadi Bahasa Indonesia cukup mudah kok. Buka appsmanifest kamu dan pada default bahasa yang sebelumnya "en-us", ganti "id-id".
Selesai!!
Akhirnya, tanggal 23 Jan 2014 aplikasi resmi terpampang secara kece dan seksi di Windows Store. dan dengan ini saya umumkan bahwa 5th semester mission was accomplished!! Walaupun agak nyerempet yang awalnya pengen publish di playstore. Hehe. See yaaa!

PS : Jangan ketawa setelah tahu aplikasi apa yang saya upload! Memang sedikit gaje dan sooooo 4l4y! Haha. Yang penting.. yang penting... Ah! lupakan! ini video saya sebaga syarat MSP selection submission! Iya! Saya bukan videographer yang handal!

No comments:

Powered by Blogger.