Aku menulis apa yang ingin aku tulis, bukan yang ingin kamu baca.

Sunday, July 16, 2017

JOURNEY TO JAKARTA


Tujuan utama mau apply visa Korea

Ekspektasinya pengen jalan-jalan

Kenyataannya malah ngeservice HP

Jakarta itu keras. Sangking kerasnya, tanah Jakarta bisa bikin HP jatuh jadi pecah cah cah cah! Padahal ini Samsung lho. Dulu gue punya hape LG (yang menurut gue setara sama Samsung) dan waktu itu gue kecelakaan hebat ketabrak bis, guenya patah tulang, HP-nya masih utuh. Nah ini? Gue ga nyangka banget asli. Padahal gue juga baru beli (5 -6 bulan yang lalu). Sedih!

Padahal waktu beli tuh HP pertimbangan gue berat banget lho. Waktu itu adalah bulan terakhir gue kerja (which means habis itu gue ga bakal ada penghasilan). Gue galau antara make uang buat upgrade laptop gue atau beli HP baru, dan gue memilih beli HP baru. You know what? Sebagai freelance programmer Android, upgrade RAM laptop itu penting banget padahal. Tapi gue memilih buat sabar sama laptop lama gue, nungguin android studio gradling berjam-jam tiap ngoding, demi apa? Demi HP ini!!!!

Saat itu emang gue mikirnya kalo beli HP mending beli yang bagus sekalian, buat jangka panjang. Nah jangka panjang di sini sampe udah gue pikirin tentang kehidupan gue di Korea (padahal waktu itu gue masih tahap seleksi lho, udah PD banget bakal lolos. wkwkwk). Berdasar pengalaman, kehidupan di Korea itu nuntut banget buat pake smartphone yang canggih, soalnya di sana semua serba digital. Kemana-mana bawanya HP, bukan dompet. Jadi gue beli Samsung, karena selain ini HP produksi Korea, gue ngrasa HP ini bakal nge-cover segala keperluan gue di Korea nanti.

Jadi ceritanya gini, sore itu gue udah janji mau ketemu temen-temen KGSP buat jalan-jalan di Kota tua Jakarta. Gue udah telat banget, jadi gue buru-buru gitu. Gue megang HP ngechat mereka sambil charger belum gue cabut dan bergelantungan di HP, itupun posisi gue sambil  berjalan keluar penginapan. Tiba-tiba kakak gue manggil dari belakang bahwa kamar ga bisa dikunci, gue pun jalan putar balik buat mbantu ngekunci yang ternyata susah banget dan bikin esmosi. Tiba-tiba lagi taksi online yang gue pesen nelpon dan bilang udah di depan, gue pun langsung berbalik arah buat keluar penginapan. Di saat bersamaan pikiran gue lagi panik, kesel, buru-buru, campur-aduk, dan tiba-tiba gue ngerasa charger HP yang dari tadi bergelantungan nyangkut (entah apa) di belakang, sementara gue lagi berjalan keluar jadinya ada daya tarik-menarik di situ dan plak!!! HP jatuh dari tangan gue dan terpelanting ke lantai dengan posisi tengkurep. Kejadiannya sangat cepat, jadi jangan komen “Kenapa pas tarik-menarik lo ga pake kekuatan super saiyan aja biar ga jatuh dari tangan Fa!” Rrrrrrrgghttt…. -_-

LCD HP gue pecah! Biar dramatis gue ulangin lagi, PECAH!!! Iya PECAAH!!! Bukan cuma retak. Jadi itu layar HP warnanya item, biru, ungu, ga jelas! Gue ga habis pikir kenapa layar HP Samsung bisa serapuh hati gue gini (halaah).

Esoknya, seharian gue ngehabisan waktu di ITC Roxy Mas buat memperbaiki HP gue. Padahal rencana awal mau muter-muter Jakarta naik city tour bus. Pffttt!! Sial!! Semua Itenerary yang udah gue tulis ga berjalan sesuai rencana.

Btw, biar tulisan ini lebih bermanfaat. Gue mau sharing pengalaman bikin visa sebagai awardee KGSP. Iya! Gue tau pembuka tulisan ini ga nyambung banget. Soalnya di internet kemarin gue browsing2 mayoritas  nulis cara bikin visa umum (pelajar umum), jarang yang nulis sebagai awardee KGSP. Pdahal ya, awardee KGSP dapat banyak banget kemudahan buat bikin visanya lho. Secara kita kan dipilih oleh pemerintah Korea sana. Jadi lo ga perlu repot-repot ke Jakarta juga sebenernya kalo domisili lo jauh dari sana.

Well, secara umum syarat-syaratnya mirip yang tercantum di website Korean Embassy. Tapi, check kemudahan2nya sbg berikut :

  1. Kamu bisa pake hasil x-ray yang dipake seleksi KGSP dlu. Tinggal bawa aja ke RS yang ditunjuk, nanti suruh mereka bikinin surat bebas TB sesuai format dari Embassy tanpa perlu x-ray ulang lagi. Lebih hemat biaya booook.
  2. Kamu para awardee bisa bikin serentak, titip-titipan gitu lho. Udah gitu ga perlu nunjukin surat kuasa atau ijazah aslinya.
  3. Jelas, kamu ga perlu ngumpulin rekening koran Bank atau bukti keuangan lainnya.
  4. Bingung ngisi form visa-nya gimana? Isi aja sepahammu. Santai!! KGSP awardee ini. Kalo masih bingung kosongin aja. Hehe
  5. Terakhir, yang paling menggiurkan. Kamu ga perlu bayar biaya aplikasi visa. Jadi nanti di kuitansi kamu bakal ada cap GRATIS-nya, dan itu bukan cuma 1 cap, tapi berkali-kali cap. Sungguh kenikmatan tersendiri melihat kuitansi dengan cap gratis dimana-mana. Wkwkwk.
See the "gratis" stamps? Nama Edi yang tertulis di situ soalnya kita bikin visa bareng2. hoho


Itu sesuai pengalaman gue kemarin ya… Kalo lo awardee KGSP tahun depan, gue ga njamin kalo kemudahan tersebut masih berlaku. Karena kadang kebijakan bisa berubah-ubah. Hehe.

Akhir cerita, gue mau berbagi foto-foto dari sedikit tempat wisata di Jakarta yang gue kunjungin, yang semuanya di luar itinerary tulisan gue, bahkan sampe ada wisata tak terduga juga (wisata religi). Wkwkkw. Check these out, readers!!

Yeayyy!!! Ketemuan sama Emi di MONAS


dinner bareng

Ini gue dan kakak gue rencananya mau ke pelabuhan Sunda Kelapa, eh malah nyasar di suatu mesjid (mau sholat duhur waktu itu). Ga di sengaja juga di mesjid tersebut banyak orang-orang datang berbis2 bahkan ibu-ibu berseragam item semua (kebetulan gue dan kakak gue pake gamis item lagi). Ternyata eh ternyata di masjid tersebut ada makam tokoh agama Habib Husain yang biasa dijadikan tempat ziarah. Akhirnya ikut nimbrung rombongan ziarah deh.

Kita berangkat ke Ancol jam 1 siang, pulang jam 3.30 sore karena kejar-kejaran sama kereta balik ke Semarang, dan itu hari MINGGU!! Ancol  macet!! Alhasil banyak tempat di Ancol yang terlewatkan.

Bonus!! Foto Selfie!! Sekali-kali! Gue kan jarang upload foto selfie. Hehe

0 Komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

My picture

I want to live my life to the absolute fullest, to open my eyes to be all i can be, to travel roads not taken, to meet faces unknown, to feel the wind, to touch the star
I promise to discover myself, to stand tall with greatness, to chase down and catch every dream
LIFE IS AN ADVENTURE

Popular Posts

Google+ Followers

Follow by Email

Total Pageviews

Instagram

Instagram

Follow Me

Copyright © Vhiefa | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com