Question & Answer KGSP




1. Apa sih KGSP itu?
KGSP adalah singkatan dari Korean Government Scholarship Program, intinya adalah beasiswa yang disedikan oleh pemerintah korea untuk orang asing yang akan belajar di Korea baik s1, s2, maupun s3. Mencakup semuanya baik tiket pesawat, tuition fee, asuransi, dan biaya hidup bulanan. Info lengkap ada di --> http://www.studyinkorea.go.kr/en/main.do

2. Bener ga sih kakak katanya ga pake notaris dan sworn translator buat dokumen-dokumennya?
Iya bener. Tapi bukan berarti aku menyarankan kalian untuk ga pake itu ya. Soalnya kebijakan bisa berubah-ubah. Kemarin aku ga pake jasa sworn translator soalnya berdasar analisaku di guideline NIIED tertulisnya gini "semua berkas yang tidak berbahasa inggris/korea mohon dibahasa inggriskan dan disahkan oleh lembaga pemerintahan/ lembaga yang mengeluarkan/ notaris". Ga nyebut2 sworn translator. Jadi senangkepku ga harus sworn translator, translate sendiri juga gapapa asal ada cap-nya dari lembaga pemerintah/lembaga yang mengeluarkan/notaris.

Nah.. ijazah aku ditranslate kampus dan cap dari kampus. Sedangkan bukti kewarganegaraan aku translate KTP-ku dan KTP ortu sendiri terus dibawahnya dikasih keterangan bahwa itu translation yang benar dari file aslinya diikuti cap dan ttd kepdes. Terus buat jaga-jaga jikalau itu ga diterima aku lampirkan juga surat keterangan dari kepdes (berbahasa inggris) tentang kewarganegaraanku dan orangtuaku. Soalnya kalo lihat di guideline bukti kewarganegaraan bisa apapun kan? logic-ku surat keterangan kepdes mungkin bisa mengcover itu.

3. Lebih baik milih daftar pake univ track atau embassy track?
Aku pilih univ track. Kenapa? aku pernah nulis alasannya di sini

4. Kakak dulu TOEFL IBT/IELTS/TOPIK yang dikumpulin? Terus skor-nya berapa?
Jamanku sertifikat bahasa sifatnya optional. Ga ngumpulin gapapa. Logic-ku kalo ga ngumpulin aja gapapa berarti kalo salah ngumpulin juga gapapa. Haha. Aku kumpulin TOEFL ITP padahal di guideline bilang itu ga diterima. Udah gitu skorku di bawah standar yang disebut diguideline. Di situ bilang minimal 550 kalo paper based TOEFL (ini beda sama ITP lho ya), yang aku kumpulin 540. Aku kumpulin sertifikat ITP asli lho. bukan copy-annya.

5. Kakak hubungi prof dulu ya sebelum daftar via univ track?
Yups. Kebetulan sebelum KGSP buka aku udah proses seleksi beasiswa Profesor. Ceritanya saat itu ada kunjungan profesor ke Indonesia, aku ikut walk-in interview-nya dan lolos ke tahap selanjutnya. Sambil mengikuti seleksi beasiswa prof di tahap selanjutnya itu aku daftar KGSP juga di jurusan yang sama dengan prof tersebut (tanpa sepengetahuan prof. my bad -_-). 

Seleksi beasiswa prof tahap kedua itu lumayan menyiksa. Aku disuruh bikin program tentang machine learning DALAM WAKTU SEMINGGU!! skripsiku aja aku selesaiin hampir satu tahun. -_- Untungnya skripsiku tentang machine learning juga. Jadi programnya aku copas-copas dikit dari situ. Hehe.

Singkat cerita, akhirnya aku lolos beasiswa prof. Besoknya pengumuman beasiswa KGSP tahap setengah (apalah ini? ada tahap setengah juga? maksudku ini tahap yang diseleksi IO-nya) dan lolos juga. dan prof-ku kaget kok aku daftar KGSP juga. dan kemudian terjadilah drama kolosal antara aku dan dia. ah.. udah ah... ceritanya panjang.

6. Dokumen yang diperlukan saat pendaftaran itu semuanya harus dikirimkan hardcopy ke Korea ya kak? Lalu apakah hanya perlu mengirimkan hardcopy nya atau perlu jg semacam mengisi aplikasi secara online juga yaa? Dokumen yang kakak kirim waktu itu berapa rangkap ya kak?
Iya Hard copy harus dikirimkan ke kampus koreanya. Untuk softcopy itu tergantung kebijakan kampus masing2 (ada yang perlu ada yang nggak, kadang ada yang minta 2-3 rangkap hardcopy juga lho). Maka dari itu selain kamu baca guidline KGSP yang diterbitin oleh NIIED kamu juga coba cari guideline KGSP yang diteribitin oleh kampusnya masing2. Coba cari di website-nya kalo ga ada coba hubungin international office kampus tersebut.

7. Kakak waktu itu mengirimkan berkas ke Korea pakai jasa pengiriman apa yaa kak? Dan kalau boleh tau, berapa estimasi biaya pengirimannya?
Kalo kamu ga mepet coba pake EMS, sekitar 200-300ribu (semingguan). Aku kemarin pake DHL 500anribu (3-4 hari) karena udah mepet. hehe. Oh iya, aku ngirim berkas dua kali lho. Karena tiba-tiba dihubungin IO kampus korea-nya bahwa berkasku ada yang kurang (Alamak.. duitku melayang lagi... -_-). Huhu. Oh ya, berkas yang kurang itu adalah surat keterangan scale GPA di kampusku Indonesia. Ternyata kalo di transkrip ga ada keterangan tentang scale GPA kita harus ngumpulin itu juga.

8. Untuk sertifikat penghargaan apakah kakak melampirkan pada saat melakukan pendaftaran? Dan apa itu cukup jika berupa fotocopy kak?
iya aku lampirkan semuanya aja... penting ga penting aku kumpulin. toh itu optional. Kembali ke logic-ku tadi kalo ga ngumpulin aja gapapa berarti kalo salah ngumpulin juga gapapa. Hehe. Tapi kalo bisa sertifikat yang berbahasa inggris yang dikumpulin biar mereka tau itu sertifikat apa. aku sih kemarin foto kopiannya aja.

9. Kakak esainya gimana? Formatnya gimana? Share dong!
Aku tulis sesuai yang diguideline. Di situ kan udah disebutin point-point apa aja yang harus disampaikan. Tinggal ikutin aja. Btw ini aku share esainya yang study plan. Singkat banget, bener-bener tinggal njawab point-point di guideline. Klik di Sini. Kalo yang self introduction aku ga share ya.. soalnya ada point tentang course of life. Itu aku cerita tentang masa mudaku yang penuh batu terjal. jadi agak private. Hehe. 

10. Kakak jurusannya apa? linier ga? misal ga linier gimana?
Aku dulu Computer Science, nanti Computer Engineering. Kalo ga linier gapapa menurutku. Temenku ada yang ga linier lolos. Asal alasannya kuat aja sih menurutku.

11. Recommendation letter mending dari mana?
Sesuai yang di guidelinie. Bisa dari mana aja. Kalo menurut aku pribadi yang penting orang tersebut kenal kamu banget-banget. Ga profesor juga gapapa.

12. Kak, kalo mau tanya lebih lanjut dimana ya?
Lewat komentar di post blog ini aja atau email afifatul.mukaroh@gmail.com :)   biar sekalian jawab, jadi yang lain bisa baca sekalian jawabannya melalui komentar di sini.


62 comments:

  1. Info nya sangat bermanfaat dan membahas hal2 yg baru dari blog2 tentang KGSP yg pernah aku baca.
    Thankyou so much♡ terlebih contoh essai nya kakak lampirin juga haaa itu jarang bgt :'))) sebenernya kami butuh contoh real seperti itu tapi malu dan ga enak mintanya karena itu kan privasi penulis. *lol. Curhat.

    Terimakasih kak sharing nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalammu'alaikum kakak, kak kan aku liat list jurusannya yg di sediain KGSP, tapi kok gak Ada psikologi yah kak :(

      Delete
  2. Kakak pernah les bahasa inggri atau belajar sendiri ?

    ReplyDelete
  3. Selamat ya mbak. Terima kasih sudah sharing. Kemarin aku mau daftar eh pas kok liat pengumumannya waktunya mepet banget udah gitu aku pas baru lahiran pula haha
    Makanya, aku rencana buat apply yang tahun 2018. cuma kemarin sempat aku mem-Bahasa Inggris-kan sendiri akte kelahiranku trus pas mau ku legalisirkan di dispendukcapil buat aplikasi beasiswa AAI/ AAS eh malah si Bapak Kepala-nya gak mau tandatangani. Katanya, anaknya juga dapat beasiswa Australia nerjemahin dan legalisirnya di Kedubes. Pas waktu itu, suamiku yang ku suruh legalisir dan gak bisa ngerespon apa-apa hiks :p (Malah curhat :p haha..) Makanya rencananya aku mau coba lagi legalisir sendiri sambil ngasih print out annya yang mengatakan kalau boleh dilegalisir di government atau lembaga yang mengeluarkannya haha soalnya saya juga minim dana :p. gak tau apa mau ngasih apa enggak wkwkwk...
    Btw, Mbak Afifa tau gak, kalau bawa keluarga (saya punya satu suami :p dan dua balita) kira-kira gimana prosesnya dan cukup atau gak nya beasiswanya? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya selama kuliah bahasa tidak boleh bawa keluarga mbak. Tapi ga tau juga sih. mungkin bisa dibaca di guideline dulu. Saya rasa 900ribu won buat sekeluarga (suami dan anak) ga cukup mbak. Hehe. Menurut saya sih.

      Semoga membantu dan Good Luck buat aplikasi tahun 2018 ini yaaa... :)

      Delete
  4. Kak klo kita mau cari profesor ydi sna caranya gimna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kamu buka website kampus yang kamu tuju... habis itu cari link yang menuju ke website jurusan yang kamu tuju.. habis itu di website jurusan tersebut lihat daftar laboratorium-nya apa aja. Klik satu-satu link yang menuju ke website masing-masing laboratorium. Biasanya di website lab ada keterangan kayak email prof, project yang sedang dikerjakan prof, atau lowongan yang dibutuhkan prof.


      kebetulan dulu profku lagi buka lowongan sampai dia mau kunjungan ke indonesia dan interview pendaftar satu-satu. pas banget kaan!!!

      tapi kadang ada juga prof yang di lab dia udah cukup anggota jadi ga buka lowongan lagi. nah kalo gitu biasanya email kita ga dibalas. Jangan down!!! email prof lainnya!! Eh... tapi tapi... biasanya walaupun prof tersebut udah ga butuh anggota, tapi misal kita ga minta beasiswa dari dia (udah gitu kemampuan kita cocok dengan project2 dia), prof bakal dengan mudah nerima kita/ balas email kita kok.

      Good luck!!

      Delete
  5. Mau nnya lagi ni kak, klo kita mau ceritain tentang seritifikat di personal stsment tapi sertifikatnya gaaa ada hubunganny sama jurusan yg kita ambil dan bisa ga kita ceritain pengalamn / prestasi yg kita dapat tnpa srtifikatnya dan gaada ngaruh nya juga sma jursan ohiya kak mau join obrolan di wa gimna ya kok pas saya ketik urlnya gamasuk:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mnurut pendapatku pribadi nih ya..

      penyeleksi ketika baca essay para pendaftar itu pasti lagi capek2nya.. jadi kadang screening aja.. soalnya pendaftar kan pasti banyak banget. jadi kalo isinya bertele2 atau mgkin dianggap ga wow pasti langsung dilempar ke daftar ga lolos.

      jadi mnurutku di esai cantumin prestasi yg ada kaitannya sama KGSP atau sama jurusan. atau sesuatu yg wow banget..
      kalo mnurutku yaa.. blh diterapin blh ga. hehehe


      itu kuota udh tutup makanya ga bisa masuk. huhu. sorry.

      Delete
  6. kak buat nyari profnya itu gmn? harus ikut beasiswa profesor dlu apa gmn? kurang paham ._. mohon infonya kak terima ksh :)

    ReplyDelete
  7. kak, mau tanya .. kalo untuk ijazah yg sdh ditranslate, harus dilegalisir ke univ nya dulu trus ke notaris, atau boleh ke notaris aja di legalisirnya.. sama halnya kayak kk atau ktp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku dulu cukup legalisir kampus aja ga notaris.

      soalnya dulu yang aku baca di guideline legalisir boleh dari lembaga yang mengeluarkan (issued institution)

      Delete
  8. Halo kak, Aku mau tanya beberapa hal nih;
    1. Masih kurang paham jalur universitas nih kak, itu memang harus menguhubungi proffesor dari univ pilihan kita langsung ya kak? atau langsung ngehubungi contact yang tertera di university information dari guideline nya ya kak? gimana ya kak baiknya?

    2. Universitas kakak memang tidak/optional saja untuk english proficiency atau sebenarnya harus melampirkan sertifikat itu kak? aku agak kurang confidence nih kak, soalnya ditempat tinggalku semuanya ngeluarin sertifikat yg bersifat institusi dan jarang banget ada yang nyediain non-ITP test. Nah, pas tau cerita kakak, jadi ngerasa sedikit harapan hehe terima kasih kak btw for the story. Menurut kakak gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya kak lupa bilang, refer ke pertanyaan pertama, aku sependapat sama kakak kalau jalur universitas itu better kalau punya motivasi dan study plan yg jelas dan kuat. Kebetulan aku mau ambil jurusan psikologi dan aku cross major. kalau boleh tau, temen kakak yg cross major itu (aku liat diatas td ada yg nanya hehe) dari jurusan apa ke apa yaa kak? science atau engineer juga kak? soalnya katanya, indonesia lebih ke science & engineer?

      Delete
    2. 1. Jalur universitas "ga harus" nguhubungi univ duluan kok. ga ngehubungi juga gapapa. langsung kirim berkas aja. kontak yang di "university info guideline" itu misal ada pertanyaan seputar KGSP aja. itu international office sana. kalo ga ada pertanyaan seputar KGSP ga usah hubungi gapapa. langsung kirim.

      aku cuma bilang kalo hubungi prof dan profnya nerima kamu peluangnya lebih tinggi. tapi kalo hubungi sekarang kayaknya udah telat soalnya KGSP bentar lagi tutup pendaftaran dan prof biasanya balasnya lama lama.

      2. Univ-ku juga optional bilangnya dulu. tapi dulu di gudeline univ-nya dia ga bilang kalo dia ga menerima ITP. lain dengan guideline yang di NIIED yang menyatakan bahwa ga menerima ITP. makanya aku confident kirim dulu.

      3. temenku yang cross major dulu daftar via embassy. dulu dia jurusan manajemen, sekarang cognitive science (kayak psikologi gitu). tapi setelah aku denger cerita dia kuat banget alasannya kok. pantesan lolos.

      Delete
    3. wah kak... kalau boleh, kira2 bisa nanya2 ngga ya ke temennya kakak, minta tips and trik gitu buat yg cross major :(

      Delete
  9. Hai kak. Saya senang sekali membaca cerita kakak terkait KGSP, sangat informatif dan menginspirasi. Selamat ya kak dan semangat untuk sekolahnya. Saya berencana mau apply KGSP G tahun ini. Saya mau tanya beberapa hal tentang pengisian application form. Ada beberapa hal yg masih membingungkan untuk saya pribadi.

    1. Untuk pengisian tabel checklist kelengkapan berkas di Form 1. Application Form apakah kita yang mengisi atau oleh petugas yg menerima berkas kita?

    2. Masih di Form 1. Application Form, ada kolom GPA utk tiap semester. Yang mau saya tanyakan itu cara penulisannya sesuai skala yang kampus kita gunakan atau yang sudah dikonversi ke percentile kak?

    3. Kemudian yang dimaksud original copy itu apa benar,misal, fotokopi transkrip yang ada cap basah legalisirnya?

    Sementara itu saja dulu kak. Terima kasih untuk waktunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yaaa... udah berkunjung...

      1. Dulu aku sendiri yang ngisi.

      2. Dulu aku juga masih yang skala 4 ngisinya. Sesuai skala kampusku.

      3. Iya betul.. fotocopi tapi ada cap basah legalisir.

      Good Luck!!1

      Delete
    2. Makasi kak udh jwb pertanyaanku ��

      Oya, mau tanya lagi ni kak.. Waktu kirim berkasnya apakah kk ngelampirin ijazah yg dlm bhs indonesia juga kak?

      Terus utk proof of citizenship dari orang tua kita apa cukup pake KK aja atau perlu KTP ortu juga?


      Makasi kak ��

      Delete
  10. yang indo ga perlu lagi.

    mnurutku kk aja cukup. soalnya di kk ada keterangan kewarganegaan.

    ReplyDelete
  11. haloo
    aku mau nanya dong
    untuk yang surat keterangan scale GPA itu kita bisa mintanya kemana ya ?

    ReplyDelete
  12. Ka, aku mau tanya, kalau kita daftar lewat jalur universitas dan kita daftar untuk periode fall 2019 Tapi kan kita harus belajar bahasa dulu.
    Nah itu kita daftarnya pas pendaftan fall 2019 atau setahun sebelumnya, yaitu fall 2018?? (krn klo misal diterima hrs bljr bahasa dl 1 tahun)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai rismanda... sepertinya kamu harus tau gambaran secara besar alur pendaftaran KGSP terlebih dulu. Mungkin kalo mau baca di sini http://vhiefa.blogspot.kr/2018/02/korean-government-scholarship-program.html?m=1

      aku ngrangkum info tab di situ.

      Intinya gini.. ketika kamu daftar kgsp via univ track , itu bukan berarti kamu daftar univ tsb sebagai mahasiswa regular. kamu ga perlu mikirin periodenya. karena pendaftaran kgsp via univ track dan pendaftaran mahasiswa regular suatu univ itu hal yang berbeda.

      Delete
  13. Ohiya aku ngerti, thanks yah kak.
    Btw aku mau nanya lagi nih...klo lewat univ itu berkas2nya harus di fotokopi ga? (Kyk persyaratan lwt embasy) klo harus di fc kira2 brp?
    Aku gak nemuin di univ tujuan aku klo harus ada fc berkas2 gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung univ-nya masing2. ada yang minta ada yang nggak. coba buka website interantional office univ tersebut atau hubungi international office-nya.

      Delete
  14. mbak saya mau nanya.apa saja yang dipersiapkan setelah mbak dapat pengumuman diterima KGSP.misal pengurusan visa dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi.. visa.. mental... internet banking, perpanjang sim, dan lain-lain.

      Delete
  15. assalamualaikum Kak terimakasih atas semua post kakak yg sangat inspiratif. saya ingin bertanya berkaitan KGSP, apakah sertifikat penghargaan itu berpengaruh dalam penerimaan beasiswa? bagaimana jika tidak memiliki sertifikat penghargaan sama sekali? apakah masih ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa? terimakasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sertifikat berpengaruh,.. tapi banyak point lainjuga kok yang ngaruh selain sertifikat..

      jadi walau ga punya sertifikat, belum tentu ga lolos

      Delete
  16. kak mau tanya dong,
    1. paspor itu memang harus buat sebelum ngisi form pendaftaran ya? Aku daftar undergraduate, disitu ada form yang harus diisi sesuai dengan paspor
    2. kalau semisal form tersebut nggak diisi boleh apa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau sih kalo kasusnya belum punya passport. Tapi amannya bikin passport dulu aja. hehe :)

      Delete
  17. Assalamualaikum kak..
    Mau nanya nih .. salah satu persyaratan penerima beasiswa kgsp kan nilai raportnya harus rata"80 dari 100point ...apakah nilai ini jadi pertimbangan yang utama buat penerima beasiswa... Atau kalo ada yg punya sertifikat kemampuan bahasa inggris apa persyaratan tersebut bisa jadi pengecualian ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ada banyak faktor pertimbangan... makanya kalau kita baca panduannya di situ disuruh ngumpulin banyak berkas, bukan cuma berkas nilai. jadi, jangan menyerah!! Semangat

      Delete
  18. halo kak. first of all, makasih banget buat artikelnya aku jadi lebih paham tentang KGSP. tapi ada beberapa hal yang pengen akj tanya atau diskusiin nih kak.

    Jadi saat ini latar belakang aku di bidang sosial, dan aku berencana untuk cross-major ke multimedia. ipk ku juga biasa aja (rentang 3,2-3,5) lah, pengalaman organisasi terbilang cukup tp ga segudang-gudang gitu. Aku juga kebetulan udah ada basic bahasa korea dan berniat ketika apply nanti udah bisa sampe at least TOPIK 3. Insya allah juga aku bakal kerja dulu di bidang cross-major aku dulu selama beberapa bulan atau dua tahunan mungkin.

    Yang mau ku tanya:
    1. Apakah untuk case ku lebih bijak ambil via embassy/via univ? mengingat jurusan cross major ku gak science2 bgt walaupun ada technologynya. ipk pun standar, tp bgmn kalau ada pengalaman kerja?

    2. Menurut observasi kakak sebagai grantee,bener gak sih kuota untuk anak sciencs&engineering lebih banyak/diprioritaskan?

    3. kalau mendaftar via univ; bolehkah dalam satu periode gelombang dibuka mendaftar ke beberapa universitas?

    4. kalau ga keberatan, boleh gak kak secara singkat ceritain ttg alasan temen kakak yg cross major dari manajemen ke psikologi sehingga buat dia lolos?:D

    makasih kak sebelumnya, have a nice day

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. pertanyaannya luar biasa sekali... saya suka!!!

      Jadi jawaban ini murni analisaku ya... setiap orang atau grantee lain mungkin beda-beda...

      1. Menurutku walopun cross major kalo ada pengalaman kerja itu sangat mendukung sekali... banyak juga prof yang prefer sama anak2 yang punya pengalaman kerja (tapi related dengan jurusan yang dilamar tentunya), dan kalo secara logika orang-orang embassy juga pasti merasa walopun cross major, pengalaman kerja bisa ngedukung banget.. Kalo saranku, sebelum daftar KGSP, coba kontak prof yang kira2 related sama pengalaman kerja kamu, kalo dia suka, daftar via university... kalo kamu udah kontak berbagai prof dan ga ada yang suka, daftar via embassy.

      2. Menurut observasiku ya... kayaknya iya. Haha.. Tapi presentasinya ga jauh juga.. Kayaknya 65% engineering, sisanya sosial. sample aku ambil dari tempat aku language program. (gilaa.. udah kayak riset aja).

      3. Pada jamanku ga boleh. Bisa diblacklist nanti. Tapi panduan bisa ganti2. Baca aja yang terbaru yaa...

      4. Kalo dipikir alasan dia yang cross major masih nyambung kok.. agak searah juga.. Dia dulu manajemen bagian HRD, jadi masih ada kaitan sama hubungan antar manusia gitu. Sekarang dia jurusan Cognitive Science (Psikologi) yang mana belajar tentang bagaimana manusia berperilaku, berpikir, dll. Intinya tentang manusia juga.

      makasih juga Anonymous, have a nice day.

      Delete
  19. halo kak, sebelumnya makasih ya kak udah buat info yg gini, karna aku banyak juga berkunjung ke blok org gk sedetail ini apalagi pengennya lewat university track, kak mau nanyak aku kan mau nyoba lewat university track karna lihat kakak menyarankan lewat jalur ini, apalagi aku science (kimia) kak.. utk menghubungi profesornya dari mana ya kak? mohon pencerahan nya kak, maaf dan terimakasih sebelumnya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan kak mau tanyak lagi,, bagaimana universitasnya tau kalo kita itu nyoba beasiswa yg KGSP bukan yg dari universitasnya ya kak? maaf saya bener2 kurang paham kak

      Delete
    2. Haloo.. makasih juga sudah berkunjung.. buat tau gimana caranya menghubungi prof, kebetulan aku baru nulis tentang itu.. coba baca di sini ya https://vhiefa.blogspot.com/2018/12/pengalaman-lolos-beasiswa-prof-di-korea.html?m=1


      Kan berkas2nya beda, kalo yg jalur reguler pake form admisi reguler, kalo yg jalur kgsp pake form kgsp. Jadi univ pasti tau km daftar yg kgsp atau admisi reguler.

      Delete
    3. wah terimakasih sudah direspon kak :).. sukses buat kakak ya kak :)

      Delete
  20. Halo kak Fifa.. mau tanya nih, akte kelahiran saya sudah berbahasa inggris dari kantor capilnya dan sudah berlegalisir, apakah cukup di fotocopy saja tanpa harus minta legalisir lagi? Rencananya saya akan apply KGSP-G bulan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang legalisirnya itu yang dikirim... kalo fotokopi lagi ya minta legalisir lagi.

      Delete
  21. Halo kak, terima kasih atas tulisannya, sangat membantu!

    Kak saya mau nanya, itu di guideline kan disebutin kalo ijazah dan transkrip itu harus original, terus kakak itu nyebutin kalo ijazah kakak ditranslate kampus, brarti nanti kita tinggal request kampus buat translate ijazah dan transkrip kita gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampusku dulu emang punya versi english kalo ijazah/trasnkrip.. jadi aku tinggal minta kampus buat issue itu dan legalisir itu. terus aku kirim.

      Delete
  22. ka apakah yg personal statemant yg cerita kaka waktu mudany penuh batu terjal apakah berpengaruh sama hasil seleksi maaf bukan maksud gmn tp klo berpengaruh saya juga mau ikut menceritakan batu terjal juga he hee terimakasih banyak jawabany

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu emang di guideline KGSP tentang penulisan personal statement disuruh nulis tentang sudut pandang kita.. nah aku cerita deh sedikit tentang perjuangan waktu muda dan gimana itu membentuk sudut pandangku.

      kalo di guideline emang disuruh mencantumin ya cantumin, kalo ga ya ga usah...

      dulu disuruh nyantumin jadi aku rasa ngaruh.

      Delete
  23. assalamualaikum kak, kak kalau mendaftar universitas di Seoul harus via embassy yah? nah kalo via embassy kan harus 3 univ tapi sejauh ini baru nemu dua univ yg nyediain jurusan yg saya mau. Kira kira saya harus bagaiman ya kak terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ga salah 3 itu maksimalnya ya... jadi pilih kurang dari itu gapapa. tapi ga tau juga sih.. aku lupa. soalnya dulu ga daftar via embassy. Hehe. coba baca guideline lagi.

      atau yang ketiga pilih sembarang aja kali ya? toh nanti di akhir seleksi kamu berhak memilih atau menolak kampus yang km pengen atau ga pengen.

      Delete
  24. Salam kak, aku berterimakasih sekali karena kisah2 inspiratif dan informasi yang kakak berikan ngebuatku jadi lebih paham soal KGSP. Aku mau tanya dong kak, aku lulusan antropologi rencana mau ambil s2 di sana dgn jurusan yg masih related walau ga bener2 nyambung antro lagi (secara jurusanku ini langka bener). Nah jadi, kalo begini ceritanya berarti kidu ambil jalur dari kedubes kan ya. Nah, apakah dalam waktu yg kurang dari seminggu ini masih memungkinkan bagiku buat ngedaftar lagi kak? Beberapa file sudah ada cuma mungkin butuh waktu buat dileges dan ngisi formnya. Menurut kakak bakal kekejar gak ya? Secara saya di Aceh dan kudu ngirim ke kedubes Korea itu bakal makan waktu brp lama kalo pake kurir express.
    Soalnya baru tahu kabar KGSP dibuka kemarin��
    Once again thabkyou kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan menyeraaaaah!!!!!

      Coba aja dulu. kirim pake yang super express...

      kadang ada pendaftaran yang penting cap pos-nya. tapi yang embassy ini ga tau. coba tanya embassy.

      Delete
  25. Maafkah, mau tanya
    Kan buat ambil via univ tu beberapa dokumen harus di cap dulu ke kedutaan, berhubung beda pulau, kan membutuhkan biaya yg banyak kalau minta cap sendiri. Apakah minta legal apositte ke kedutaan itu bisa diwakilkan dg jasa kurir, terimakasih

    ReplyDelete
  26. Maafkah, mau tanya
    Kan buat ambil via univ tu beberapa dokumen harus di cap dulu ke kedutaan, berhubung beda pulau, kan membutuhkan biaya yg banyak kalau minta cap sendiri. Apakah minta legal apositte ke kedutaan itu bisa diwakilkan dg jasa kurir, terimakasih

    ReplyDelete
  27. Maafkah, mau tanya
    Kan buat ambil via univ tu beberapa dokumen harus di cap dulu ke kedutaan, berhubung beda pulau, kan membutuhkan biaya yg banyak kalau minta cap sendiri. Apakah minta legal apositte ke kedutaan itu bisa diwakilkan dg jasa kurir, terimakasih

    ReplyDelete
  28. halo kak Fifa...

    untuk personal statement untuk yg apply via univ track, apakah kita harus tulis juga tentang alasan kenapa kita pilih univ tersebut? atau kita tulis saja di bagian statement of purpose?

    atau untuk personal statement / self introduction cukup kita tulis bener2 tentang our course of life saja?

    tolong pencerahannya ya kak :)

    makasih

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum kak fifa, salam kenal, saya Rika

    Saya sedikit mau meminta pendapat atau pandangan kak fifa seputar Recommendation letter, kebetulan saya kemarin sewaktu menempuh kuliah S1, termasuk mahasiswa kurang pengalaman, tahunya kuliah-pulang, kuliah pulang, dan otomatis tingkat kenal sama dosen bahkan dengan pembimbing akademik saya kurang, mungkin kak fifa bisa kasih masukan menurut kakak saya bisa minta recommendation letter ke siapa? Mohon pencerahannya kak, Terima Kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
  30. Halo, kak afifa terimakasih atas informasi yang diberikan. Aku bar banget nemu blog kakak dan sangat membantu untuk apply GKS. Aku rencanya mau apply di 2021. Oh iya, di informasi yang di atas aku liat ada harus mencantumkan Scale GPA dari kampus, maksud scale GPA itu yang gimana ya? apakah keterangan setial score dari nilai, misal A bernilai 4.00 begitu? Terimakasih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.