Me Vs. Korean Food

Waktu itu pertama kali aku sampe di bandara Incheon dan yang pertama aku lakukan adalah membuka koperku, ada roti yang sebelumnya disisipkan Simbah. kenyang? aku rasa tidak. Akhirnya sambil menahan lapar aku pun duduk bersama mbak Mariska menunggu jemputan dari Kwandong. Sedikit nahan ngiler karena aku duduk di depan restoran yang entah-apa-namanya. Baunya menyerbak, menusuk hingga ke kerongkongan kemudian ke lambung, usus halus, dan usus besar. Sedap sekali. aku coba melihat harganya dan ini berkisar antara 7000-9000. Yah, kalau dalam rupiah mungkin ini harga standar, tapi hey! ini Won. and you know what? karena rupiah sedang anjlok-anjloknya jika di-kurskan ini akan berkisar 80.000-100.000. So? tak perlu aku jawab.

Pukul 13.00 waktu Korea bagian... Mmmm.. ya bagian Korea, jemputan dari Kwandong datang dan aku bertemu Mr. entah-siapa-namanya. Akhirnya dia mentraktir di restoran yang dari tadi menggoda imanku itu. SStttt.. dia mirip banget sama boyband!!! dan emang semua orang korea mukanya.. eh apa ini? Sepertinya aku keluar tema. Harap diperhatikan. Kali ini aku akan bicara tentang food, bukan people. lain kali aku buat post khusus tentang itu.

Aku memilih sejenis mie-mie-an gitu. Aku lupa namanya. Kalau tidak salah "champong buto"

Makanan pertamaku di Korea
Awalnya aku kira ini sebelas duabelas dengan mie ayam indonesia. But, jangankan sebelas duabelas, sebelas duajuta pun ku rasa masih terlalu dekat.  Rasanya kecut banget, kayak ketek badak gitu. Udah gitu mie-nya seperti hidup dan menggeliat-geliat di mulutku. Oh  why? ini makanan korea pertamaku dan rasanya seperti ini?

"You don't like spicy?" kata Mr. entah-siapa-namanya yang mirip boyband itu.

What? spicy dari mananya? Ini itu kecut banget. dan asal tau saja, aku suka yang spicy-spicy macam mie ayam indonesia bukan mie cacing campur keringat ketek badak. Mendadak aku seperti mau pulang ke indonesia dan ngambil mie lidi sebanyak-banyaknya. terus aku tunjukin, ini baru yang namanya spicy.

About daily food, di sini udah sepaket sama dormitory. jadi ada jam khususnya buat breakfast, lunch, dan dinner gitu. Beda sama mbak Mariska, entah kenapa lidahku ga cocok banget sama makanan Korea, dan sebenarnya aku masih bingung. kenapa aku di Korea? sedang apa aku di sini? Ah..

Setiap kali mau masuk cafetaria tempat aku makan, aku selalu berdoa semoga makanan kali ini layak makan. Oh ya, aku juga harus pilih-pilih makanan di sini. Untungnya pelayan sudah mengerti sendiri. mungkin karena aku memakai jilbab.

Dan di sini selalu tersedia yang namanya Kim-chi, mungkin para K-pop / K-drama fans tau ini. semacam khas-nya Korea gitu. dan jujur aku baru tau setelah aku sampai di sini. karena warnanya yang semacam merah-merah gitu awalnya aku kira ini berasa pedas. It's okey, ku rasa ini akan mengingatkanku pada makanan indonesia yang khas dengan pedasnya. tapi setelah aku cicipi. OMG! lagi-lagi kecut banget. Aku lepehkan lagi. Maaf.

Dan temanku dari China yang sudah lama tinggal di sini pun bilang, "You don't like spicy?"

Sejak itu aku menyimpulkan bahwa kecut di lidah orang Indonesia sama dengan pedas di lidah orang Korea. Semakin Kecut bagi kita, semakin pedas bagi mereka. Dan sampai sekarang aku masih bertanya-tanya, kalau mereka mencoba pedasnya makanan Indonesia, apa yang mereka rasakan? jangan-jangan semacam asin atau mungkin manis. -_-

Lihat yang pojok kiri bawah. Itu semacam rumput yang ditumis -_-
Terus lihat itu yang panjang-panjang. kayak apa gitu.
Soup-nya cuma air tawar dicampur irisan timur, plus garam dikit
Lihat pojok kiri atas. itu semacam bihun dan ada campuran kangkungnya. :D
Berhubung aku ga suka bihun jadi dengan sabar aku pilah-pilah demi dapetin Kangkung
Sumpah! Aku ngidam banget tumis Kangkung
Kayak nasi goreng
dan tauge rebus plus kimchi
Soup-nya cuma telur yang diceplok di penggorengan perebusan

Kalau masalah porsi, di sini itu memang gede banget. Lihat saja di foto-foto di atas. Aku sampai heran kenapa orang Korea makannya banyak tapi tetap kurus-kurus. dan baru-baru ini aku baru sadar itu karena kebanyakan dari mereka selalu jalan kaki dalam berpergian. Orang Korea juga terbiasa untuk minum setelah makanan mereka habis. bahkan ada yang tidak minum sama sekali dan hanya menyeruput kuah sup. Dan sumpah! ini bukan aku banget. Biasanya di beberapa suap makanan aku selalu minum air putih. Jika mengikuti cara Korea yang minum di akhir ini membuatku sering keselek di tengah makan. dan jika harus minum kuah sup, sungguh aku ga doyan. Sup di sini rasanya aneh. Seperti... bekas cucian beras. Belum lagi aku juga harus memakai sumpit yang mana bagiku untuk mengambil 1 butir nasi pun butuh waktu bermenit-menit. Fyuh. Akhirnya aku pun lebih memilih memakan mie instan yang aku bawa dari Indonesia. Yah, jauh-jauh ke Korea ujung-ujungnya makan mie instan lagi. bener-bener anak kosan sejati.

Beberapa pekan di sini aku masih berjuang untuk makan makanan Korea. terkadang aku cuma makan beberapa suap karena lidahku yang tidak cocok. Sebenarnya ini sayang sekali membuang-buang makanan, mengingat dulu di kosan saja makanku cuma nasi dan kerupuk pun aku doyan. Aduh, lidahku. kenapa kau begitu manja di sini? Terkadang aku berpikir, seandainya makanan ini bisa diawetkan maka akan aku bawa pulang ke Indonesia untuk persediaan di kosan nanti. Atau mungkin akan aku jual untuk mereka para fanatic Korea. hahaha

Suatu ketika ada orang Indonesia di sini yang mentraktir aku dan Mbak Mariska makan di luar. Mereka mbak Agnes dan Mas Joni. Aku lupa untuk memfotonya. dan sumpah itu makanan terenak yang aku makan sejak aku tiba di sini. aku lupa namanya, mungkin "Ta ko ki", "Bi Ko ki", "Bi Ki Ni", entahlah. Yang jelas itu semacam gorengan dan siomay plus sausnya. enak sekali. Mbak Agnes dan Mas Joni memang tahu sekali selera orang Indonesia.

Ngomong-ngomong soal enak, pernah di suatu breakfast menu saat itu adalah roti. Dan ohh.. melihat roti saja aku rasanya seperti terbang ke nirwana dengan roti-roti berterbangan di sekitarku beserta efek slow motion-nya. Di tambah lagi ketela rebus yang mengingatkanku pada kampung. Ohhh.. Ohh.. diriku seperti menari-nari di atas menara. di atar menara aku menari.
roti tawar, buah-buahan, ketela rebus, dan keripik jagung
Lezat (y)
But, you know what? setelah diajak terbang tinggi itu dan diajak menari-nari di atas menara, aku kemudian serasa didorong jatuh dari menara yang ketinggiannya bisa jadi 60km. Lunch hari itu menunya daging babi semua, dan alhasil, inilah makananku.

Nasi dan sawi mentah :(
yang merah itu kecut banget ga tau namanya apa 
Ini yang lebih jelas

Dan yang aku lakukan hanya memutar-mutar sumpitku. Aduh, temenku orang China yang saat itu makan bersamaku sampai iba. akhirnya dia memberiku sebungkus roti tawar. Aduh. What a pity I am.

Roti tawar ini menyelamatkan perutku
Waktu berjalan, kemudian aku sadar. Inilah saatnya aku perbaikan gizi. Because this last semester in Undip has taken my fat. I'm so thiny now. Apapun rasanya, aku harus makan. Semoga aku bisa survive!




1 comment:

Powered by Blogger.