Algoritma Alay #DevelopWin8Apps #MSP

Akhirnya mulailah kita untuk coding-mencoding. Siapkan kopi dan rokok dulu! Hahaha. Karena begitulah tugas programmer, mentransformasi rokok dan kopi menjadi suatu code. Baik, abaikan ini!
Sekarang yang harus saya pikirkan adalah bagaimana membuat tombol “Ubah” ini ketika di-klik maka kalimat dalam TextBox berubah menjadi kalimat dengan huruf-huruf alay. Awalnya saya kira ini akan mudah, karena dua tahun yang lalu saya pernah membuat algoritmanya saat mata kuliah “algoritma pemrograman”. Namun ternyata, mengubah algoritma ke bahasa pemrograman itu tak selalu mudah, apalagi ke bahasa C#, bahasa yang (jujur) baru ini saya menjamahnya. Saya masih bingung bagaimana array di C#, bagaimana conditional di C# dan ditambah lagi saya harus menggunakan pemrograman berorientasi objek yang mana pada kuliah tersebut saya sering ketiduran. Oh ya, otak saya juga baru cuti selama satu semester ini dari hal-hal yang berbau pemrograman. Jadilah saya harus membuka-buka kembali buku saya, browsing sana-sini, dan akhirnya malah membuat program “Hello World” dengan C#. Haha.  Sedang brain storming ceritanya. Lalu, kenapa saya memilih C#, padahal di Visual Studio masih banyak pilihan bahasa lain? Alasannya akan saya singgung di post berikutnya. Hehe.
Baiklah, sebelum curhat saya melebar kemana-mana, saja jelaskan saja bagaimana saya mengatasi ini. Sekarang buka Visual Studio-mu! Kita tidak menggunakan Blend lagi karena kita akan berkutat dengan koding.
Pada Solution Explorer di bagian kanan, klik MainPage.xaml kemudian buka MainPage.xaml.cs dengan di- double click. Pada MainPage.xaml.cs itu ketikan prosedur berikut :
 
 Penjelasan :
Pertama kita ubah dulu kalimat yang diinputkan dalam Textbox yaitu Sentences.text yang awalnya bertipe string saja menjadi array string.  Caranya kita simpan dulu ke variabel beforeAlay, kemudian kalimat di beforeAlay tersebut dipecah menjadi karakter-karakter bertipe array char. Makanya terdapat code char[] tmp = beforeAlay.ToCharArray();
Karakter-karakter itu ditaruh di object “letter” sekalian dikasih nomor array, caranya dengan looping dari 0 sampai tmp.Length (sebanyak jumlah karakter di kalimat beforeAlay).
beforeAlay = beforeAlay.ToLower(); gunanya adalah mengubah kalimat di beforeAlay itu menjadi huruf kecil semua. Sebenarnya tak masalah kalau tidak diubah ke huruf kecil, ini hanya memudahkan saat conditional nanti. Lihatlah conditional berikut :
if (letter[i] == "a") letter[i] = "4";
                else if (letter[i] == "e") letter[i] = "3";
                else if (letter[i] == "g") letter[i] = "9";
                else if (letter[i] == "i") letter[i] = "1";
                else if (letter[i] == "o") letter[i] = "0";
                else if (letter[i] == "s") letter[i] = "5";
Nah, sekarang mengerti kan kenapa diubah?
Satu per satu pun karakter array “letter” tersebut diubah ke karakter alay dan disatukan kembali di string afterAlay. Kemudian afterAlay tersebut ditampilkan di Sentences.Text
Belum selesai!!!
Sekarang prosedur ChangeClick_Event pun harus kita panggil di button “Ubah”. Caranya buka dulu MainPage.xaml dengan mendoubeclick-nya.
Pada button dengan Content content=”Ubah”, ketikan Click=”ChangeClick_Event” sehingga kira-kira menjadi seperti di bawah ini.
 

Save, dan bisa coba di-run dengan menekan f5. Sekarang tulisan akan berubah alay jika kita klik button “Ubah”. Selamat!

No comments:

Powered by Blogger.