Google Student Ambassador 2014 (The Beginning Story)

Application
Berdasarkan pengalaman, ini aplikasi yang harus saya siapkan kemarin :

- Proof of Enrollment
kalo kamu anak undip, khususnya FSM, kamu bisa dapetkan di fsm.undip.ac.id > academic corner > download area > Surat keterangan mahasiswa, minta ttd ketua TU, habis itu minta cap di umper.

- Recommendation Letter
ini kamu bisa minta ke dosen, proffesor, PD, Dekan, PR, Rektor, Pembimbing, atau bahkan ex-GSA, tapi usahakan yang bener-bener kenal kamu. Karena kemarin suruh upload dua recommendation letter, saya sih sebenarnya pengen satu dari dosen dan satu lagi dari ex-GSA biar lebih gede peluang lolosnya. Hahaha. Tapi yaa, dapet dari dosen ternyata lebih mudah. Ya udah recommendation letter saya dapet dari dosen saja. Oh ya, kalau kamu mau  recomendation letter dari saya buat next year application, coba deh aktif membantu event-event GSA yang bakal saya hold di Undip. Info lebih lanjut hubungi saya via +Afifatul Mukaroh saja.

- Video
Ini yang lumayan susah, pertama karena saya ga jago edit video. Kedua video cuma 30 detik dan ada banyak hal yang saya ingin sampaikan tentang siapa saya, hobby saya, maupun motivasi dan misi saya. Ketiga, internet saya terlalu lemot untuk upload ke YouTube.

Akhirnya, saya cuma pakai Movie Maker. Iya itu saya membuat ratusan images untuk membuat animasi patah-patah yang di video cuma tayang beberapa detik. -_-

Untuk menampilkan isi kepala saya yang banyak ini ke 30 detik video, saya pun berinisiatif untuk menarasikan pikiran saya secara general aja, dan secara spesifiknya saya tayangkan di video, yang sayangnya malah ga kelihatan karena video saya jadi blur gitu di YouTube. Saya sampai upload dua kali, tetap saja blur. Setelah saya browsing-browsing kenapa bisa blur, eh ternyata YouTube sengaja membuat blur bagi yang bandwith nternetnya kecil. Hiks. Oke, langsung saja ini video aplikasi saya.



Oh ya, ada cerita unik di sini, sebelum membuat video ini saya kepo-kepo video applicants lainnya (Baik itu indonesia maupun negara lain) buat dijadiin referensi dan anehnya mereka yang videonya saya jadikan referensi juga lolos GSA. Jadi waktu kenalan sama mereka saya sering banget bilang "I have seen your video application on YouTube". Ahahaha. dan anehnya lagi, ada juga yang bilang dia pernah nonton video aplikasi saya. Kesimpulannya adalah buat jadi GSA, kamu harus suka kepo. Sip!

- Mengisi form aplikasi
Seperti biasa, sebelum mengisi form aplikasi (di https://gsa.withgoogle.com) saya selalu mengcopy semua daftar pertanyaannya dan meng-paste-nya ke word office, untuk selanjutnya saya isi di situ. Alasannya adalah agar saya bisa melanjutkan mengisinya esok-esok hari selanjutnya, agar saya bisa mereview berulang kali sebelum disubmit, agar saya punya repository jika saya mau mendaftar hal serupa lagi (Please, jangan request contoh jawaban-jawaban saya di form aplikasi. Jadilah unik dengan menjadi diri sendiri )

Announcement
Setelah aplikasi, hampir tiap hari saya mambuka https://gsa.withgoogle.com dan gmail saya, hingga suatu ketika saya disibukan dengan acara MSP. Saat itu saya ke Jogja untuk menghadiri MSP Spark. Iya! dengan motor. Perjalannya sekitar tiga jam untuk berangkat dan kita cuma punya waktu sekitar 7 jam untuk istirahat dari motor kemudian perjalanan lagi selama tiga jam untuk pulang. Oke, saya sudah meyakinkan diri saya untuk langsung tidur pulang nanti. Tapi tiba-tiba saya teringat omongan teman MSP saya saat evaluasi MSP Spark tadi. Dia bilang "Temenku lolos GSA diundang ke Philipines lho. MSP juga dong". Kira-kira seperti itu. Dan pikiran saya seperti kembali pada saat mendengar itu. Rasanya, perasaan kemarin-kemarin saya sering mengecek dan tidak ada info apa-apa. Apa saya tidak lolos? Sedih!!

Pulang dari Jogja saya langsung buka Patrick dan mengabaikan wanti-wanti saya sendiri untuk tidur. Saya langsung buka gmail, ada sekitar tujuh email di sana, seperti biasanya saya selalu membuka email terlama terlebih dahulu dan ternyata saya lolooooooooooooooos!!! Dari tanggal email itu dikirim, ternyata pengumuman baru kemarin dan terakhir saya mengecek gmail adalah kemarin lusa. Ahhahahah.. Pantesan kemarin ketika saya membuka Google Search, ada pemberitahuan di kanan atas, banyak sekali orang tidak dikenal yang circle saya, ternyata mereka GSA yang juga lolos.

Sangking senangnya, saya tidak tidur semalaman. Iya! Paginya body saya kayak habis nyangkul 78 hektar sawah. Saya tidak bisa merasakan kaki dan tangan saya. Semua seperti telah memisah. Punggung saya pun seperti sudah menyatu dengan kasur ga bisa dilepas.

Untuk tau cerita saya, selama summit di Philipines, klik di sini

No comments:

Powered by Blogger.