GAFE Trainning

Well, lagi nggak mood nulis nih. Serius!

Tapi sebelum gue lupa, gue harus nulis ini, karena ini salah satu moment penting dalam hidup gue.

So, sekitar dua minggu yang lalu akhirnya gue ke kantor Google Indonesia. Sumpah! kantor Google itu keren banget. Makanan gratis di kitchen, tempat istirahat warna warni, interior-interiornyanyaa... ah!! mirip taman kanak-kanak deh. Keren!
di kantor Google, Jakarta
Teras Indor di Google
Diambil temen gue Fian
Tempat di Google yang tim gue biasa pake buat bahas project GAFE
Credit to Fian
Mussola di Google
Goo-shalla

Google ngadain semacam pelatihan buat kita-kita GSA se-Indonesia. Iya! Gratis dong! ahahahha... saya suka gratisan. Pelatihan ini dibagi dua batch, dan gue ikut batch pertama. Kita naik kereta dan selama dua hari itu kita tidurnya  di kantor kibar.

Ini gue di kantor Kibar. Kayak taman kanak-kanak juga.
Banyak tulisan n interior-interior lucu :D
Pelatihan ini tentang Google Apps for Education (GAFE) gitu. Jadi apa itu GAFE? Hmmm... gimana ya jelasinnya.


Jadi lo pernah nggak ngerjain tugas makalah sekelompok. Setiap salah satu anggota kelompok ngerjain terus di-upload, anggota lain sekelompok download-ngupdate terus upload lagi, anggota lain download-update-upload lagi, begitu seterusnya. Pernah? gue jujur pernah. Nah, di Gafe trainning itu, kita-kita langsung praktik.. Tinggal buka Google docs, terus masing2 anggota kelompok ngetik bareng-bareng di situ. Iya! ketikan masing2 anggota langsung masuk! real time kita bisa lihat! nggak perlu download-update-download terus-terusan. Lebih efisien yang mana?

Selalu deh, nggak lupa buat selfie
Terus pernah nggak lo se-organisasi kampus, mau nentuin jadwal rapat aja susah bener? Yang satu bisa dateng yang satu ga bisa karena kuliah misalnya. Terus lo sebagai ketua ngurutin satu per satu kapan anggota-anggota seorganisasi free? Yups.. gue pernah. Tau nggak dengan Google kalender masing-masing anggota organisasi lo bisa masukin jadwal mereka, jadi dengan mudah kita bisa lihat kapan mereka free kapan nggak. Mereka semua!! dengan satu tampilan kalender aja!!



Terus pernah juga ga lo ngrasa ribet banget lihat mading kampus penuh sama event-event se-universitas? tanggal-tanggal kadang ada yang tabrakan? Kadang malah lupa? Terus pernah nggak bayangin seandainya semua event-event itu terangkum pada suatu tampilan kalender yang bisa lo akses dimana aja? Bisa!! dengan Google Calender.
saat pelatihan berlangsung, with other GSAs

Sekarang udah bisa nangkep kan GAFE itu apa? ada banyak lagi contoh yang lain sebenernya soal GAFE. Selain itu kita juga dilatih tentang public speaking, cara komunikasi yang influencing, dan macem-macem. Btw, bentar lagi kita bakal dikasih ujian sertifikasi GAFE gratis!! yang aslinya bayar mahal lho.



Gue jadi pengen ngadain pelatihan GAFE juga nih di kampus. Biar mahasiswa-mahasiswa tau aja bahwa pekerjaan mereka sebagai student itu bisa simple banget dengan Google. Oke, cukup aja cerita dari gue. Maaf, singkat banget ceritanya. Nggak mood nulis bener.. lagi UAS nih! oke.. Bye!

1 comment:

Powered by Blogger.