BERBURU BEASISWA S2 ALA AFIFA



Salah satu cuplikan film berjudul “ME 21” dan gue sengaja buka tulisan ini dengan cuplikan tsb krn gue pernah merasakan spt tokoh di sana, dimana gue sangat kesal karena uang itu bukan segalanya, masa’ cuma gara-gara uang gue ga jadi kuliah?


Well, semua dimulai tahun 2012 lalu sebelum gue berangkat student exchange ke Korea. Saat itu pas gue browsing-browsing tentang beasiswa ke Korea gue nemu KGSP. Pertama tau KGSP, gue langsung nargetin bahwa ntar pas udah lulus, gue harus daftar ini. Apalagi gue mau student exchange ke sana. Inshaallah ini bakal jadi poin plus gue buat keterima KGSP. Sip! Boomarked!

Tahun 2013, giliran gue udah di Korea buat exchange study, gue dapat kabar ternyata mulai tahun itu, tahun 2013, KGSP tidak mengizinkan orang yang pernah pegang visa pelajar di Korea buat daftar KGSP, termasuk yang pernah student exchange. OMG! Tisyu.. mana tisyu..

Mungkin gue harus cari beasiswa lain buat S2 ke negara ini. Selama di sana gue mengamati para mahasiswa Indonesia yang kuliah di sana. Mayoritas mereka yang non-KGSP student kuliah dengan beasiswa professor. Tapi aku suka sedih lihat mahasiswa2 bea prof itu. Mereka paling susah diajak ngumpul, hari-hari ngelab, muka kelihatan capek-ngantuk. OMG. Segitunyaa yaa…. Kemudian gue berpikiran, mungkin gue ganti target ke Jepang aja.

Tahun 2014, gue tau LPDP dan gue langsung “Cup”, gue harus daftar itu nanti. Gue ngerasa LPDP itu cocok banget buat gue karena selama kuliah pun gue udah minat ikut organisasi atau volunteering. Apalagi gue alumni Bidikmisi, jiwa nasionalis gue juga udah terasah dari pelatihan-pelatihannya selama kuliah.

Tahun 2016, setelah lulus S1. Ga ada target lain selain daftar LPDP. Semua yang gue lakuin, waktu gue, tabungan gue, hati gue, napas gue, jiwa gue, raga gue, semata buat prepare LPDP. (Pardon my lebayness)

Temen-temen gue sampai heran “Kenapa ga daftar kerja aja Fah? Lowongan IT banyak banget lho?”. Lain lagi sama temen yang jurusan non-IT, mereka malah bilang, “Ga coba daftar di Bank aja Fa? Biasanya gampang lolos lho itu”. Lain lagi sama tetangga-tetangga gue di Kampung, “Fifa udah lulus kan? Kapan nikah?”. -_-

Oke, well. Sebagai orang yang ga bisa fokus pada banyak hal, biasanya kalo gue maksain buat ngelakuin dua hal sekaligus maka dua-duanya malah bakal gagal atau ada salah satu yang akhirnya gue tinggalin atau jadi kacau.

Tapi gue sadar, "jer basuki mawa bea". Mau daftar beasiswa pun butuh modal yang ga sedikit. Akhirnya gue pun daftar-daftar kerja yang jam kerjanya dikit. Ga peduli meski gajinya dikit, asal itu cukup buat modal beasiswa. Hehe.

Surprise-surprise.. Waktu itu pas gue lagi ngrancang buat pergi ke Pare biar englishnya jago, eh gue dapat kabar bahwa gue lolos internship di suatu international NGO. Berhubung banyak expat di situ, siplah gue ga perlu ke Pare lagi. Jam kerjanya pun cuma 10-40 jam seminggu, jadi gue tetep ada waktu buat prepare LPDP.

Singkat cerita.. Gue daftar LPDP di batch 4 tahun 2016, gue daftar ke Tokyo Tech di Jepang karena di situ ada jurusan yang sesuai research interest gue. Gue juga udah hubungi beberapa professor di sana. Dari semua prof yang dihubungi, ada satu prof yang ngrespon baik ke gue sampai dia njelasin study culture di Tokyo Tech, cara pendaftaran, dan research-research dia via skype. Udahlah gue yakin banget 89.999% gue bakal lolos LPDP.

Tapi…

*please turn on mellow music for background*

Gue ga loloooos... Sakittt.. Rasanya kayak hidup di kosan pas tanggal tua, bela-belain beli indomi di warung pas ujan, masak indomie di teko heater, eh.. giliran airnya mau disaring, mie-nya ikut jatuh ke wastafel. Sakitt.. (Iya.. gue ga jago bikin perumpaan)

Kebetulan pas wawancara kan gue nemu banyak temen tuh. Gue tanya-tanya ke mereka juga pada ga lolos, padahal menurut gue mereka udah TOP banget. Oke, gue mencoba positive thinking, mungkin LPDP lagi menekan kuota yang lolos karena dana, soalnya emang sebelumnya ada issue bahwa LPDP malah ga bakal dibuka lagi. Benar saja, tahun 2017 LPDP cuma ada 1 batch. Terus beasiswa pemerintah lainnya kayak BU juga ga buka pendaftaran kampus luar negeri lagi.

Saat itu gue mengalami kegalauan luar biasa. Apa gue kerja aja? Apa gue nikah aja? Oke.. pilihan kedua ga mungkin karena belum ada calonnya. Akhirnya gue pun mencoba daftar-daftar pekerjaan yang professional, yang fulltime, dan sesuai background gue (Soalnya masa intern gue di NGO itu juga udah mau habis). Cuplikan wawancara gue pas daftar kerja,

“Afifa sebenernya punya background IT yang bagus dan udah lulus lama, kenapa baru daftar kerja sekarang?”
“Soalnya kemarin saya fokus mau lanjut S2, Pak!”
“Berarti motivasi utama Afifa sebenernya buat lanjut S2 dari pada kerja?”
“Iya pak. Ini juga mau daftar-daftar lagi sambil kerja.”
“Seandainya nih.. Di tengah-tengah kontrak kerja Afifa lolos S2. Mana yang bakal Afifa pilih?”

Jeng… jeng..!!! MAMPUS!! Akhirnya dengan jujur dan ga tau malu gue jawab pilih S2. Haha. Jelas, gue ga lolos kerja itu. Wkkwwkwk.. Tapi emang, gue ga bisa membohongi hati gue. Passion gue waktu itu lebih di academician dari pada professional worker. Hehe.

Beruntung partner gue intern juga punya motivasi yang kayak gue, yaitu buat lanjut kuliah lagi.

“Ya ampun, Fa. Baru satu kali gagal aja udah nyerah! Aku udah gagal berulang kali sebelumnya, ini masih mau daftar-daftar beasiswa. Kamu tau mbak ini kan? Dia bisa lolos beasiswa kayak sekarang itu setelah 2 tahun lulus lho. Terus si itu tau kan? Dia juga bla bla bla…”, begitulah kira-kira katanya.
Waktu itu temen intern gue itu lagi semangat-semangatnya daftar Fulbright Aminef. Gue pun akhirnya ikutan daftar, sampai gue tes toefl lagi dengan harapan skornya bisa naik (eh ternyata malah turun dari sebelumya). Walaupun sebenernya gue ga ada minat buat kuliah ke Barat, tapi seenggaknya itu bisa ngebalikin motivasi gue buat berjuang nyari beasiswa lagi. Haha. Kali aja gosok-gosok berhadiah juga.

Sambil nunggu pengumuman Fulbright, temen intern gue tiba-tiba ngabarin bahwa beasiswa KGSP udah bukaan. Gue sih “don’t care” gitu. Soalnya semenjak exchange itu, gue tau bahwa“Ex-exchange students aren’t allowed to apply”. Jadi mulai tahun 2014, 2015, 2016 setiap ada share2-an link pendaftaran KGSP di timeline sosmed, gue ga pernah klik. Bikin sakit hati. Hiks.

Sampai beberapa waktu kemudian (H-1 bulan deadline KGSP), temen intern nanyain lagi,

“Serius ga minat KGSP? Kenapa?”
“Kan ex-exchange student ga boleh daftar?”
“Boleh kok. Nih aku tunjukin. “
“What? Seriusaaan? Sejak kapan ini? Kok boleh?”
“Kayaknya sejak tahun ini.”

OMG!!!! Gue seakan mendengar Tuhan berbisik “This is your year for KGSP, Afifa!”.

Selama ini gue suka menganalisa kegagalan atau keberhasilan gue, dan gue menemukan pola di situ. Entah kenapa gue berpikiran bahwa suratan Tuhan terhadap gue itu ada polanya. Wkwkwkw.. Intinya polanya itu kayak gini :

1. Jika gue dapet kegagalan, maka selanjutnya gue bakal dapet keberhasilan. Begitupun sebaliknya. Jadi jumlah kegagalan dan keberhasilan di hidup gue itu selalu seri. Karena gue percaya itu cara Allah berbuat adil.
2. Jika dalam meperjuangankan sesuatu gue selalu saja dihadepin kesulitan atau ada aja halangan yang ngebuat gue berjuang lebih besar dari yang lain maka biasanya gue bakal berhasil. Entah itu halangan berupa ga punya uang, atau tiba-tiba ban bocor, atau tiba-tiba  berkas pendaftaran gue kehujanan, dll. Karena gue percaya ujian-ujian yang Allah berikan itu setara sama keberhasilan yang bakal gue dapet.
3. Jika gue punya mimpi sejak lama, tapi udah gue tangguhkan/abaikan karena suatu hal yang sebenernya sepele. Terus tiba-tiba banyak kejadian-kejadian “kebetulan” yang mengarahkan gue buat memperjuangkan itu lagi, biasanya gue bakal berhasil. Karena gue percaya kejadian “kebetulan” itu adalah petunjuk dari Allah.

Nah, soal KGSP ini, gue rasa sesuai pola ke-3, gue pun semangat banget buat daftar. Langkah pertama adalah browsing-browsing kampus di Korea.

Eh… belum sempet browsing-browsing tiba-tiba gue dapet info dari temen tentang lowongan mahasiswa di lab seorang professor dari Pusan National Univ (Korea) dan beliau nyediain beasiswa research grant juga. Ini kayak kesempatan yang prestisius juga, soalnya ini baru pertama kalinya gue dapet info tentang “lab recruitment”. Gue juga baru tau kalo ternyata “lab recruitment” itu adalah salah satu cara buat dapet beasiswa prof. Kirain selama ini satu-satunya cara dapet beasiswa Prof itu adalah dengan deket duluan sama prof, sering email-emailan sama prof atau punya riset yang mirip sama Prof. Jadi menurut gue, “lab recruitment” ini sangat sayang buat dilewatin, terutama buat gue yang ga pernah deket sama prof manapun apalagi punya riset mirip prof.

Masalahnya adalah… ada walk-in interview-nya juga di Surabaya. Jauh. Udah gitu saat itu gue udah ga internship lagi dan ga ada pemasukan. Gue juga udah keluar banyak uang buat daftar-daftar beasiswa sebelumnya. Pake beasiswa prof buat kuliah di Korea juga kayaknya berat macam temen-temen gue yang kuliah di Korea dulu. Udah gitu, pas baca paper-paper beliau gue ga ada yang paham. Haha. Jadi gue bertanya-tanya, is it worth to struggle that?

Seenggaknya gue daftar dulu dah. Misal nanti ga dateng walk-in interview di Surabaya juga kayaknya gapapa (ngelus-elus dompet).

Gue pun email prof tersebut buat daftar sekaligus ngenalin diri gue dan research interest gue. Eh, ga taunya email gue dibales sama prof, yang intinya dia mau baca CV gue dan sangat berharap buat ketemu gue di Surabaya nanti. Omaigaaattt!!! APA MAKSUDNYA INI? (Meluk-meluk dompet).

Sejak itu gue ngerasa kayak orang yang lagi kasmaran. Entah temen kosan gue udah bosen gue curhatin atau ga. Hari-hari gue selalu aja bilang,

“Gimana kalo Prof bales emailnya bukan cuman ke gue? Gimana kalo dia kayak gitu ke yang lain juga?”
“Gimana kalo balesan email Prof itu cuman mau PHP-in hati gue?”
“Gimana kalo setelah Prof ketemu gue di Surabaya dia malah ninggalin gue?”
"GIMANAA... GIMANAA.. GIMANAAA?"

Eh ujung-ujungnya gue dateng ke Surabaya juga (nangisin dompet).

Ceritanya pas gue di Surabaya di sini. KLIK.

Setelah ngurus segala macam hal tentang Prof ini (berkas, translate skripsi, wawancara, dll), entah kenapa tau-tau udah H-10 deadline KGSP. OMG!!! Banyak hal yang belum gue siapin. Karena ga sempet browsing2 kampus, gue pun pilih kampus dan jurusan sesuai Prof yang udah bikin gue galau itu. Gue juga akhirnya ndaftar pake paket super cepet (dan hemat). Bayangin!! Berkas yang non-english gue translate sendiri terus minta cap Kepdes. Berkas fotokopianpun ga gue notaris-in tapi legalisir dari Capil. Soalnya hasil browsing-browsing biaya notaris dan sworn translator itu masing-masing 100ribuan. Ah. Makin bokek nanti gue. Wkwkkw

Masalah lain datang lagi. Ini karena ijazah versi translate dari kampus yang ga jadi-jadi (yang ternyata punya gue keselip gitu). H-5 hari deadline KGSP gue di kampus, nekat maksa akademik buat segera jadiin ijazah English gue, karena hari itu juga gue harus kirim berkas gue ke Korea. Dan jam 3 pm, gue pun dapet ijazahnya. Sekarang saatnya legalisir ijazah tersebut. Masalahnya lagi sesuai SOP, legalisr baru jadi 3 hari kemudian. OMG!!! Akhirnya gue ga ngikutin SOP yang mana legalisir harus lewat kesma. Gue pun langsung nemuin Dekan, eh Dekan udah pulang. Akhirnya langsung nemuin PD I. Gue ceritain bahwa hari itu juga gue harus kirim berkas karena deadline sudekaat. Akhirnya PD I yang awalnya ragu mau legalisir langsung.

Jam 4 pm gue balik ke kosan, bikin essay dan ngisi-ngisi form. Hahahha. Berhubung buat beasiswa2 sebelumnya gue udah bikin essay. Jadi gue tinggal edit dikit-dikit aja. Ternyata dalam keadaan tertekan dan buru-buru, edit essay pun makan banyak waktu. Jam 7 malem baru selesai. Gue mulai print-print dan nata berkas sampai jam 9 malam. Habis itu gue langsung cuz ke Kantor POS Pusat yang masih buka. Antri lama sampai akhirnya mereka bilang,

“Maaf mbak.. kalo pengiriman luar negeri batasnya sampai jam 9. Ini udah jam 9 lebih.”
“Apaaaa??” (kamera zoom-in ke muka)
“Besok pagi saja bisa mbak.”
“Tapi kalo ke Korea berapa lama sih Pak?”
“3-5 hari. Dan minggu tidak dihitung. Jadi kalau ngirim besok, normalnya bakal sampai hari kamis.”
“Appaaa???” (kamera zoom-in lagi, sampai lobang hidung doang yang kelihatan)

Bener-bener ga ada harapan karena hari rabu adalah deadline berkas harus di sana. Alamat mau hemat ujung-ujungnya ngluarin banyak duit juga. Karena akhirnya gue ngirim pake DHL biar sampai tepat waktu. Mana berkas gue lebih dari 0.5 kg. Biayanya lebih mahal dari pada buat ngurus notaris or sworn translator.

Tapi okelah. Ga pa-pa. Seenggaknya sekarang gue udah tenang. KGSP tinggal nunggu pengumuman. Beasiswa Prof juga tinggal nunggu pengumuman.

PS : Episode berikutnya.. eh tulisan berikutnya.. Afifa akan menceritakan tentang kegalauannya karena ternyata dia lolos dua-duanya baik KGSP maupun beasiswa Prof. Afifa juga belum bisa memutuskan karena walaupun sudah lolos keduanya, Afifa masih harus melalui peoses lanjut lagi yang lebih MENEGANGKAN, MENAKUTKAN, MENGERIKAN! Penasaran? Tunggu tanggal mainnya dan always stay turn kepoin blog gue! (sok seleb-blog banget gue -_- Ampuuun!!)

7 comments:

  1. Sharing yang bagus banget kak, terima kasih untuk sharingnya ya kak

    ReplyDelete
  2. Penasaraan mbaak sama cerita selanjutnyaaa. Ditunggu yaaak 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akkkkk.... Lusyyyy...
      baru sadar kamu koment di mari. Jadi malu. hehe
      Okey.. tunggu tulisan berikutnya yak. hehe :)

      Delete
  3. Kak aku mau nanya ktp nya kan kk translate sendiri, jd kk ketik aja gitu atau gimna. Aku jd pending daftar krn mahal banget bayar sworn translater sm notaris kk. Mohon pencerahnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi PWJ,
      aku udah nulis jawabannya di sini --> http://vhiefa.blogspot.kr/2017/11/question-answer-kgsp.html

      klik ya...

      Delete
    2. Thank you kk fifa, blog nya nge bantu banget. ^^

      Delete

Powered by Blogger.