Semester 1

"Don't be so hard to yourself! You may struggle for your future happiness. But remember, yourself at present also needs to be happy!"

Yeay! Akhirnya label "Kampus" terisi lagi dengan suatu post. Setelah terakhir aku isi tentang kelulusanku jaman S1 dulu, 3 tahun yang lalu!!! Oh my God!

Btw kuliah kali ini aku udah bertekad ga akan begitu keras pada diriku sendiri seperti saat S1-ku. Jadi, aku ga seserius dulu buat ujian-ujian di semester ini. 

Dulu, buat jaga-jaga nanti yang keluar di exam apa, aku sampai belajar hampir semua materi yang diajarin dosen. Sekarang mah kalo ada bab yang bikin males aku lewatin aja. Belajar secukupnya aja. Haha.

Semester 1 ini aku cuma ngambil 3 mata kuliah karena emang maksimal cuma bisa ambil 10 sks aja. Di jurusanku cuma ada 1 mata kuliah yang diajarkan dalam bahasa inggris saat itu, yaitu Bioinformatics. Lainnya dalam bahasa korea. Untungnya 2 mata kuliah yang aku ambil itu walaupun dalam bahasa korea, tapi aku bisa mengikuti dengan lancar.  Soalnya yang satu diampu sama Profesorku sendiri, jadi materi di kelas juga materi yang aku pelajari sehari-hari di lab. Satunya lagi mata kuliah yang aplikatif gitu. Aplikatif? Maksudnya?

Sumpah! Ini mata kuliah favorit banget. Aku suka banget! Jadi kuliahnya itu kerja sama dengan perusahaan LG korea. Kita dibagi tim-tim gitu terus tiap tim dikasih kasus tentang produk-produk LG yang perlu kita kembangin lebih lanjut, dan semua biayanya disupport sama LG tentunya dong. Jadi kita ngerjain proyek gitu, ga ada duduk di kelas dengerin dosen ngajar. Proyek-nya juga simple, kayak implementasi pelajaran yang kita pelajarin jaman S1 dulu. Hahaha. 

Waktu akhir semester pengumuman nilai. Ga nyangka aku dapet A+ semua... Hahaha... Padahal misal aku dapet batas tuntas KGSP (which is B), udah seneng kok. Hahaha. Mungkin bener yang dibilang temenku. Katanya kuliah di Korea itu dapet nilai-nilai courses itu gampang. Rajin masuk kelas, ikut ujian, kumpulin tugas aja bisa dapet B+. Apalagi kerjain tugas atau ujiannya sungguh-sungguh, dapet A+. Hahhaha.

Tapi.. tapi nih yaa,,, kuliah S2 di sini ga sesimpel itu. Iya sih masalah courses gampang. Tapi urusan lab... Omaigaaat!!!! nge-lab itu udah kayak 57 sks. Ini yang ngebuat aku mencari-cari jati diri lagi. Sering banget aku konflik batin gara-gara ini. Iya! Konflik antara Fifa dan Fifa.

Ternyata tekad-yang-aku-tulis-diatas itu susah banget diterapin di kehidupan lab. Kadang sisi Fifa yang satu bilang "Udah, fa! Jangan maksa! Jangan maksa! Ingat! Kamu juga butuh bahagia di masa sekarang!". Fifa yang satunya bilang, "Fah.. Kerjakan yang benar-benar! Nanti Prof kecewa!".

Di Lab itu aku di suruh belajar ini, belajar itu.. Tapi karena culture-nya orang Korea yang pali-pali. Aku belajar seakan dikasih deadline gitu. Pagi belajar ini, sorenya bikin report tentang yang aku pelajari itu. Harus paham! Harus detail! Belum lagi ada tekanan "Bentar lagi Fifa mau dikasih proyek lab tentang itu. Harus belajar bener-bener!", terus tekanan lain lagi, "Tuh si itu ga bisa nyelesain proyek dari Prof akhirnya Prof marah.", dan tekanan-tekanan lainnya. 

Jadi, inget dulu aku pernah nulis tentang From the Scientist to the Counselor terus sepakat bahwa Fifa yang sekarang (the councelor - INFJ) punya tujuan hidup "bahagia". Terus berpikir, berpikir, bertanya, curiga, Apa jangan-jangan lanjut S2 itu bukan passion-ku? Apa aku harusnya jadi gitaris aja ya? Apa aku harusnya berkebun aja? atau jadi detektif? jadi dokter? atau jadi power ranger aja.

Tapi, dulu aku berjuang habis-habisan untuk bisa di posisi ini. Lalu perlahan aku jadi Fifa yang dulu lagi (The Scientist - INTJ). Aku paksain betah di lab, di depan komputer, belajar dari pagi sampai malam. 

Tapi tiba-tiba Fifa yang lain muncul dan bertanya "Apakah kamu menikmati ini?"

Fifa satunya lagi bilang, "Kan tujuan orang S2 emang untuk belajar, Fa!"

Fifa satunya lagi bilang, "Tapi kan tujuan kamu hidup untuk bahagia."

Rasanya seperti ada yang beradu di dalam diri sendiri.

Bertanya lagi...

Jika Fifa tidak menikmati ini, lalu apa yang sebenarnya Fifa inginkan? Kenapa Fifa di sini?

Rasanya seperti kembali ke masa baru masuk pubertas dan mencari jati diri lagi. Apakah aku sebenarnya the scientist? Apakah aku sebenarnya the counselor? Atau aku adalah dua orang yang berbeda?

Sampai sekarang aku masih mencoba beradaptasi dengan kehidupan lab. Wish me luck ya! See you at Semester 2!

Update 9 Okt 2020 :

Ya ampuun.. lupa ga nulis tentang semester 2 atau semester 3, dan sekarang aku udah semester 4. Haha. Aku cerita secara singkat aja yaa... semester 1 emang berat banget. Tapi semester 2 mulai terbiasa dan agak betah. Semester 3 juga makin terbiasa. Walaupun sebenernya sama beratnya kayak semester 1 atau mungkin lebih. Tapi Fifa-nya lebih kuat. Sempet nangis-nangis sih. Tapi lalui aja. That's a part of process. Haha. Oh ya, Fifa sempet cuti kuliah juga karena terlalu parno sama Corona -_- Singkat cerita sekarang Fifa udah betah bangetlah semester 4. Soalnya baru aja publish SCIE paper. Yeaay!!! Jadi serasa udah ngrasa kayak berkontribusi gitu. Hehe. Kalau ditanya mau lanjut S3? Jawabannya NO. Hahahha.. Fifa mau nyoba hal lain. Kayaknya udah capek di dunia akademisi. Hahahha... See youuu!

1 comment:

  1. semangat kak semangat semangat................!!!! btw, kakak recomendasiin gak kak kalau saya ngambil di PNU, kalo boleh tau jurusan kimia (bukan teknik) disana bagus gak kak? soalnya mau nyoba tahun ini kak hehe,, bagi saran ya kak :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.